Lifestyle

Tren Mencampur Sampo dengan Kopi, Apa Benar Bisa Mengurangi Rambut Rontok?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 3rd 2021

(Foto: gpointstudio/Freepik)

Beberapa waktu lalu, di TikTok lagi ramai banget tren mencampur sampo dengan kopi. Katanya sih bisa bikin rambut rontok berkurang, rambut lebih lembut, dan jadi lebih berkilau. Wih, ajaib banget dong ya?

Yup, memang ada beberapa penelitian yang membeberkan beberapa manfaat dari kopi untuk rambut. Nih, simak beberapa manfaat kopi buat rambut.

Mendorong pertumbuhan rambut

Dilansir dari Healthline, mengaplikasikan kopi langsung pada rambut dapat mengurangi rambut rontok. Ini karena ada kandungan kafein dalam kopi yang menstimulasi pertumbuhan rambut. Kafein juga meningkatkan sirkulasi darah di folikel rambut sehingga rambut tumbuh lebih cepat dan kuat.

Bikin rambut lebih lembut dan berkilau

Sirkulasi darah yang meningkat akibat kafein juga membantu nutrisi cepat masuk ke akar rambut. Nutrisi yang lebih banyak masuk tentunya meningkatkan kualitas rambut kita sehingga tampak lebih lembut dan berkilau.

Mampu mengeksfoliasi kulit kepala

Dilansir Skinkarft, bubuk kopi dapat bekerja sebagai exfoliating yang baik. Buat kamu yang rambutnya berminyak, ini cocok banget. Kopi akan mengangkat kulit mati sekaligus menyeimbangkan minyak di kulit kepala.

Peringatan

Kopi akan menghasilkan hasil optimal jika langsung diaplikasikan ke rambut. Kalau diminum, efeknya nggak akan terlalu efektif buat rambut. Yang perlu diingat, jenis kopi yang digunakan lebih baik kopi murni daripada kopi instan. Ini karena kopi instan biasanya sudah banyak diproses dan mengandung banyak penambahan bahan lain sehingga mengurangi kandungan kafein hingga antioksidan yang bermanfaat.

Ingat pula bahwa menggunakan kopi untuk rambut tidak boleh terlalu sering. Cukup 1-2 kali seminggu atau lebih jarang. Ini karena kopi dapat mengeksfoliasi kulit kepala dan kalau terlalu sering justru membuat rambut kering, ujung-ujungnya gampang rontok.

Harus diperhatikan juga semua orang punya tipe rambut yang berbeda dan bisa jadi manfaat kopi juga berbeda. Kalau setelah coba mencampurkan kopi ke sampo kulit kepala justru terlalu kering atau bahkan iritasi, segera stop ya! (*)

 

Related Articles
Lifestyle
Bosan Dengan Dalgona? Lima Kreasi Kopi Instan Ini Bisa Jadi Pilihan Lain

Lifestyle
Bosan Minum Kopi yang "Itu-Itu" Aja? Coba Bikin Kopi Khas Sejumlah Negara Ini...

Lifestyle
Ingin Minum Kopi Enak? Enam Kesalahan Ini Harus Dihindari Saat Menyeduh