Interest

Konten Selebriti di Instagram Bisa Sebabkan Perasaan Negatif Followers-nya

Jingga Irawan

Posted on October 2nd 2021

Credit: Getty Images

Sekecil apa pun tindakan kita di media sosial rupanya bisa berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari. Melansir HypeBeast, Sabtu (2/10), sebuah studi Facebook yang bocor ke publik pekan lalu menunjukkan bahwa pengikut akun Instagram selebriti sering mengalami perasaan negatif setelah melihat konten mereka di platform.

Penelitian internal dari raksasa media sosial itu bocor dan diungkap oleh The Wall Street Journal. Berjudul Social Comparison on Instagram, penelitian ini telah melakukan survei kepada 100.000 pengguna Instagram di sembilan negara termasuk AS, Australia, dan Brasil pada bulan Maret dan April 2020.

Sementara, juru bicara Facebook, Kevin McAlister, mengatakan bahwa responden diminta untuk tak menyebutkan akun apa pun yang mereka ikuti, namun para peneliti tetap menemukan data mengejutkan. "Akun selebriti dan beberapa akun yang paling sering dilihat orang-orang yang memberi tahu kami bahwa mereka mengalami tingkat social comparison negatif yang lebih tinggi atau lebih rendah di Instagram," ujar McAlister.

Menurut Very Well Mind, social comparison melibatkan orang-orang yang mengenal diri mereka sendiri dengan mengevaluasi sikap, kemampuan, dan sifat mereka dengan cara membandingkannya pada orang lain. Dalam kebanyakan kasus, banyak orang membandingkan sosok mereka dengan orang sebayanya.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa hampir setengah dari semua konten yang dilihat pengguna di Instagram terkait dengan selebriti, dan melihat lebih banyak konten semacam itu dikaitkan dengan perbandingan negatif yang lebih besar.

Di antara yang paling terpengaruh adalah mereka yang mengikuti orang-orang seperti Kim Kardashian, Justin Bieber, Charli D'Amelio, Ariana Grande dan Kendall Jenner, sementara mereka yang mengikuti Ellen Degeneres, Will Smith dan Neymar mengalami lebih sedikit efek negatif.(*)

Artikel Terkait
Interest
Pusing Pikirkan Jumlah 'Like', Tom Holland Hapus Aplikasi Instagram

Tech
Hilangkan Swipe Up, Instagram Siapkan Fitur Serupa Lewat Stiker

Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara