Lifestyle

Catat! 3 Kebiasaan Ini Bakal Bikin Masa Remajamu Tetap Sehat

Dwiwa

Posted on October 2nd 2021

 

Masa remaja merupakan peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada tahap ini, banyak remaja yang bersikap seolah-olah mereka sudah dewasa. Padahal sebenarnya, di masa ini otak remaja mereka masih dalam tahap pendewasaan.

Dilansir dari Yahoo Life, remaja masih mengembangkan korteks prefrontal, yang merupakan bagian rasional dari otak yang terlibat dalam pengambilan keputusan dan digunakan untuk penilaian yang baik.

Karena masih dalam tahap pertumbuhan, tentu kebiasaan sehari-hari remaja memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk masa depan mereka. Nah, agar tubuh dan pikiran kalian tetap sehat dalam tahap ini, berikut ada 3 kebiasaan baik rekomendasi ahli yang bisa diterapkan dalam kehidupan.

1. Tidur cukup

Rata-rata, remaja membutuhkan sekitar 8 hingga 10 jam tidur setiap malam. Menurut Jennifer Shu, dokter anak dan editor medis untuk American Academy of Pediatric HealthyChildren.org, perlu diterapkan batasan pada aktivitas tertentu agar para remaja bisa mencukupi kebutuhan tidur mereka.

“Hentikan menatap layar dan olahraga berat satu jam sebelum tidur. Pertimbangkan untuk membuat rumah lebih gelap untuk membantu jam internal anak-anak mengetahui bahwa sudah hampir waktunya untuk tidur,” saran Shu.

Dr Andrew Doyle, dokter anak di Wellstar Health System, menyarankan remaja untuk menghitung jam berapa mereka harus tidur berdasarkan seberapa pagi mereka harus bangun ke sekolah. Kemudian hal itu dijadikan turinitas.

“Jadi jika kalian tidak perlu sekolah esok hari, atau sedang akhir pekan atau libur, jangan merencanakan untuk begadang,” ujar Doyle. “Kalian mungkin tidak harus bangun sepagi biasanya, tetapi jangan bangun terlalu lama dari biasanya. Dengan begitu siklus akan tetap terjaga.”

 

2. Aktif bergerak

Salah satu cara untuk membuat kalian bisa tidur lelap di malam hari adalah dengan bangun dan aktif bergerak di siang hari. Penelitian menunjukkan untuk setiap jam tambahan aktivitas fisik yang kalian lakukan dalam waktu sehari akan membuat waktu tidur jadi lebih awal dan lebih lama.

Doyle merekomendasikan remaja untuk berolahraga setidaknya 30 sampai 60 menit per hari. Olahraganya tidak harus terlalu berat – atau dilakukan sekaligus.

“Sesuatu yang sederhana seperti berjalan-jalan di sekitar komplek beberapa kali adalah cara yang baik untuk memulai. Kalian tidak harus pergi keluar dan ikut maraton atau bermain olahraga yang membutuhkan banyak tenaga. Kuncinya adalah kalian bangun dan bergerak aktif,” ujar Doyle.

 

3. Temukan keseimbangan yang tepat

Untuk bisa bergerak aktif tentunya kita membutuhkan bahan bakar yang bak. Shu mengatakan makanan sehat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan tingkat energi tetap tinggi.

Dalam hal ini, junk food tentu bukan menjadi salah satu pilihan yang dianjurkan. Tetapi mengingat sangat sulit untuk menghindari makanan lezat yang satu ini, kalian mungkin bisa menerapkan sedikit trik dalam mengatur pola makan.

“Pertimbangkan untuk mengikuti panduan seperti mengizinkan satu makanan “spesial” dalam sehari atau menargetkan 80 persen makanan sehat dan 20 persen makanan spesial. Makan makanan yang sehat dan tetap terhidrasi penting untuk kesehatan fisik, memperhatikan dan belajar,” ujar Shu.(*)

 
Related Articles
Lifestyle
Ini Alasan Utama Orang Gagal Jalani Gaya Hidup Sehat, Kamu Juga?

Lifestyle
Diet Populer Ini Ternyata Buruk Bagi Kesehatan, Ada yang Pernah Ikutan?

Lifestyle
Kapan Sih Waktu Makan yang Paling Tepat?