Tech

Google Pixel Bisa Rekam & Upload Video Otomatis dalam Keadaan Darurat

Jingga Irawan

Posted on October 1st 2021

Credit: Google

Salah satu aplikasi eksklusif yang dibuat Google untuk smartphone Android Pixel adalah personal safety. Selama bertahun-tahun, aplikasi itu telah ditambahkan untuk membantu deteksi tabrakan mobil, berbagi lokasi saat keadaan darurat, hingga peringatan krisis di sekitar. Bahkan, aplikasi itu secara otomatis bisa menghubungi nomor panggilan 911.

Melansir The Verge, Jum’at (1/10), aplikasi itu telah memiliki pembaruan yang menambahkan fitur emergency SOS. Hanya mengetuk tombol daya 5 kali, pengguna Pixel bisa menghubungi layanan darurat dengan cepat, berbagi info dengan kontak darurat dan merekam video secara otomatis.

 

Credit: The Verge

XDA developers melaporkan bahwa fitur emergency SOS terdapat pada versi terbaru dari aplikasi personal safety yang diluncurkan di Google Play Store. Di halaman pengaturan aplikasi, pengguna bisa memilih berbagai layanan ketika menekan tombol daya 5 kali secara berurutan.

Pengguna dapat mengatur emergency SOS untuk memanggil hotline layanan darurat di wilayah masing-masing, berbagi pembaruan status waktu di lokasi, sisa masa pakai baterai, panggilan telepon, hingga merekam video secara diam-diam yang nantinya dicadangkan secara otomatis ke cloud.

Bagaimana cara kerja fitur tersebut?

Video secara otomatis dicadangkan ke akun Google pengguna. Jadi, smartphone wajib butuh koneksi internet aktif untuk upload video. Setelah itu, fitur personal safety dapat secara otomatis membagikan link rekaman video dengan kontak darurat mereka atau tidak. Fungsi perekaman video biasanya untuk mengetahui kondisi darurat pengguna atau kejadian kritis lainnya.

Saat mengirim emergency SOS, pengguna memiliki waktu sekitar 5 detik untuk membatalkan atau meneruskan pengiriman. Setelah SOS dimulai, pengguna akan melihat UI dengan beberapa tombol dan tab kamera.

Terdapat tombol dalam personal safety yang secara otomatis berbagi info dengan kontak darurat  atau menghubungi layanan darurat. Tombol lainnya berfungsi untuk menghentikan perekaman dan mengubah kamera mana yang akan merekam.

Pengguna juga masih bisa mengoperasikan smartphone secara normal saat emergency SOS sedang berlangsung. Tab perekaman video bisa diminimalkan dan pemberitahuan bahwa video masih direkam bakal terus ditampilkan.

Perekaman video dapat dihentikan baik setelah batas 45 menit habis atau pengguna mengetuk "berhenti" saat ponsel tak terkunci. Setelah video selesai direkam, pengguna memiliki waktu sekitar 15 detik untuk memutuskan apakah rekaman itu akan dibagikan dengan kontak darurat mereka secara otomatis atau tak perlu.

Video disimpan di cloud selama 7 hari, setelah itu akan dihapus secara otomatis. Sebelum dihapus, pengguna dapat membagikan tautan ke file, yang di-hosting di server Google dan dapat diakses melalui domain personalsafety.google.com. Pengguna dapat kapan saja berhenti membagikan video atau menghapus rekaman video seluruhnya.

Menurut The Verge, untuk smartphone lain, Google menguji versi emergency SOS dalam beta untuk Android 12. Tetapi sementara ini, aplikasi dan set fitur tersebut hanya untuk lini Pixel.(*)

Artikel Terkait
Tech
Google Pixel 6 & 6 Pro Akhirnya Rilis, Ini Detail Fitur dan Harganya!

Tech
Google Desain Ulang ‘Search’, Gunakan Teknologi AI dan Fitur Baru

Tech
Android 13 Hadir di Google Pixel Mulai Hari Ini