Entertainment

Mengapa Squid Game Begitu Populer Secara Internasional?

Dwiwa

Posted on September 30th 2021

(Netflix via Koreaboo)

Serial Korea Selatan Squid Game telah mendapat popularitas yang begitu luar biasa semenjak dirilis di Netflix beberapa waktu lalu. K-Drama ini dengan cepat menempati peringkat pertama Netflix di berbagai negara.

Co-CEO Netflix Ted Sarandos baru-baru ini bahkan mengatakan jika Squid Game mungkin akan menjadi salah satu drama bahasa non-Inggris terpopuler dalam sejarah platform streaming tersebut. Tetapi, apa sih yang membuat drama asal Korea Selatan ini begitu digemari penonton Global?

Dilansir dari Koreaboo, sutradara sekaligus penulis Squid Game Hwang Dong Hyuk mengatakan jika dia tidak menyangka hasil kerjanya akan begitu populer hanya dalam satu minggu. Ketika ditanya mengapa serial ini begitu populer, kepada Yonhap News dia mengungkap jika itu mungkin karena kesederhanaannya.

Menurutnya, serial ini menyajikan tantangan-tantangan yang sederhana kepada para para pemainnya. Tantangan itu pun berdasarkan dengan permainan anak-anak tradisional Korea. Ada enam putaran yang mencakup tes dasar seperti tarik tambang dan memotong bentuk dalgona, permen tradisional ala Korea Selatan.

Karena permainannya yang sederhana dan mudah, Hwang Dong Hyuk mengatakan para penonton bisa lebih fokus pada elemen yang lebih dalam dari drama – yakni karakter dan komentar tentang masyarakat yang kompetitif.

“Aku juga berpikir orang-orang tertarik dengan ironi bahwa orang dewasa yang putus asa mempertaruhkan hidupnya untuk memanngkan permainan anak-anak. Permainannya sederhana dan mudah, jadi penonton bisa fokus pada tiap karakter daripada aturan permainan yang rumit,” ujarnya.

Hwang Dong Hyuk menambahkan jika meski Squid Game memiliki elemen yang mirip dengan film dan serial bertahan hidup lain seperti The Hunger Games dan Battle Royale, tetapi konten dan narasi yang dibawakan berbeda dari keduanya.

Hal yang cukup mengejutkan adalah, ternyata cerita skenario Squid Game yang telah ditulisnya sekitar 10 tahun lalu ini sempat ditolak oleh investor Korea karena kekerasan dan sensasionalismenya. Untungnya, Netflix melihat visinya saat cerita ini disodorkan sekitar dua tahun lalu.

Kalau menurut kalian, alasan apa nih yang membuat Squid Game begitu populer? (*)

 

Related Articles
Entertainment
Naskah Squid Game Ternyata Pernah Ditolak Karena Dianggap "Aneh"

Korea
Berkat 'Squid Game', Jung Ho-yeon Jadi Aktris Korea dengan Follower IG Terbanyak

Entertainment
Ditanya Soal Season 2, Ini Jawaban Sutradara ‘Squid Game’