Tech

Pendiri Perusahaan Mobil Tiongkok Geely Bakal Bikin Smartphone

Jingga Irawan

Posted on September 29th 2021

Pendiri perusahaan mobil Tiongkok Geely Holding, Eric Li (Li Shufu), rencananya bakal terjun ke bisnis smartphone kelas atas. Melansir Reuters Rabu (29/9), Eric akan merilis smartphone pertamanya pada 2023 dan menjual 3 juta unit pada tahun pertama.

Keputusan itu diambil setelah Eric memutuskan akan meluncurkan perusahaan baru yang akan membuat smartphone premium. Sehingga, perusahaan itu dapat bersaing dengan raksasa teknologi lain dalam pengembangan smartphone, seperti Xiaomi dan Apple.

Dengan demikian, Geely adalah produsen mobil pertama yang berkomitmen untuk menjual smartphone, meskipun banyak juga pembuat smartphone yang beralih merambah ke pasar kendaraan listrik.

"Ada hubungan erat antara teknologi smartcar dan teknologi smartphone," kata Eric dalam pernyataannya kepada media. "Tren utama di masa mendatang adalah menciptakan ekosistem pengguna lintas batas dan memberi pengguna pengalaman multi-layar yang lebih nyaman, lebih cerdas, dan terhubung secara halus."

Perusahaan baru Eric, Hubei Xingji Shidai Technology Co Ltd, telah menandatangani perjanjian dengan Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Wuhan untuk mendirikan kantor di pusat kota Wuhan. Di situlah dia akan mengembangkan perangkat pintar termasuk smartphone.

Menurut Reuters, proyek tersebut akan didanai dengan investasi 10 miliar yuan (USD 1,55 miliar) dan juga menargetkan pendapatan 10 miliar yuan pada tahun pertama.

Salah satu ahli pasar smartphone Tiongkok di perusahaan riset IDC, Willy Wong, mengatakan pengakuan merek Geely di Tiongkok akan membantunya masuk ke pasar premium.

"Namun, fokus bisnis ponsel Geely kemungkinan akan lebih memperkuat ambisinya untuk pengembangan kendaraan cerdas, di mana semua pembuat mobil mencari pembeda utama untuk berhasil," kata Willy.

Menurut Counterpoint Research, Apple saat ini masih mendominasi bisnis smartphone dengan pangsa pasar 57 persen. Sementara Samsung mengikuti di belakangnya dengan pangsa 17 persen.

Berbanding terbalik dengan Geely, pendiri Xiaomi, Lei Jun mengatakan perusahaannya akan secara resmi memasuki pasar kendaraan listrik dan menginvestasikan USD 10 miliar selama 10 tahun ke depan. Huawei dan Foxconn juga telah memasuki sektor ini melalui kemitraan, sementara Apple kabarnya telah melakukan penelitian dan pengembangan untuk mobil pintarnya sendiri.(*)

Foto: Geely Auto

Artikel Terkait
Tech
Xiaomi Bakal Hapus Branding Nama 'Mi' dari Produknya. Kenapa NIh?

Tech
Xiaomi Dikabarkan Segera Produksi Mobil Listriknya Sendiri

Tech
Baidu dan Geely Bakal Hadirkan ‘Robot Otomotif’ Pertama pada 2023