Tech

Microsoft Store Izinkan Integrasi dari Toko Aplikasi Epic Games dan Amazon

Jingga Irawan

Posted on September 29th 2021

Credit: Microsoft

Microsoft merancang penggunaan toko aplikasinya lebih terbuka. Melansir The Verge, Rabu (29/9), storefront aplikasi dari third-party, termasuk Amazon dan Epic Games, akan segera tersedia di Microsoft Store baru di Windows. Microsoft Store versi baru akan diluncurkan pada 5 Oktober bersamaan dengan Windows 11.

“Sama seperti aplikasi lainnya, storefront aplikasi dari third-party bakal punya halaman detail produk yang dapat ditemukan melalui pencarian, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan dan memasang sama seperti aplikasi lain di Microsoft Store Windows,” jelas Giorgio Sardo, manajer umum Microsoft Store.

“Hari ini, kami umumkan bahwa Amazon dan Epic Games akan membawa storefront aplikasi mereka ke Microsoft Store dalam beberapa bulan ke depan, dan kami berharap dapat menyambut toko lain juga di lain waktu.”

Berita itu muncul beberapa bulan setelah Microsoft mengumumkan beberapa perubahan besar pada Microsoft Store. Tak hanya itu, Microsoft juga akan membiarkan pengembang menyimpan 100 persen pendapatan dari aplikasi jika mereka menggunakan platform pembayaran alternatif. Namun kebijakan ini tak berlaku untuk game.

Komitmen Microsoft untuk menjadi "Toko terbuka untuk platform terbuka" sekarang akan memungkinkan storefront aplikasi third-party mana pun untuk dicantumkan di Microsoft Store di Windows. Bukan berarti aplikasi dan game yang terpisah dari toko lain dapat ditemukan kemudian di-install, tapi storefront aplikasinya bakal muncul di hasil pencarian.

Satu-satunya perbedaan terletak pada kemitraan Microsoft dengan Amazon. Microsoft membawa aplikasi Android ke Windows 11, sehingga Microsoft menyediakan kemampuan untuk menemukan dan mencari Amazon Appstore langsung dari dalam Microsoft Store.

Kebijakan toko aplikasi Microsoft yang lebih terbuka telah berdampak besar pada Microsoft Store. Aplikasi populer seperti Discord, Zoom, VLC, TeamViewer, dan Visual Studio Code semuanya sekarang terdaftar di Microsoft Store. Bahkan ada Progressive Web Apps (PWA) dari Reddit, Wikipedia, TikTok, Tumblr, dan banyak lagi. Berbagai macam browser sekarang dapat terdaftar di Microsoft Store juga, Opera dan Yandex Browser misalnya, telah memanfaatkan kebijakan baru Microsoft. (*)

 

Related Articles
Tech
Aplikasi Android Sudah Tersedia untuk Windows 11 di Beta Channel

Tech
Royal Banget! Microsoft Beri Karyawan Bonus Pandemi Rp 21,8 Juta

Tech
Microsoft Office 2021 Bakal Diluncurkan 5 Oktober Mendatang