Current Issues

WHO Kembali Lakukan Investigasi untuk Mencari Asal-Usul Covid-19

Dwiwa

Posted on September 28th 2021

 

Hampir dua tahun pandemi Covid-19 mengacaukan dunia, namun dari mana asal usul virus SARS-Cov-2 yang menjadi biang kerok masih belum diketahui. Hal ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memulai kembali penyelidikan asal mula virus corona di Tiongkok.

Dilansir Insider, WHO mendirikan Grup Penasihat Ilmiah untuk Asal-Usul Patogen Baru untuk menyelidiki wabah virus di masa depan. WHO mengatakan pada Wall Street Journal (WSJ) jika salah satu tugas pertamanya adalah untuk menentukan apakah virus corona baru berasal dari laboratorium di Wuhan.

Laporan WSJ juga mengungkap jika tim akan terdiri dari 20 spesialis, termasuk pakar keselamatan laboratorium, ahli biosekuriti, dan ahli genetika dan ahli penyakit hewan. Mereka merupakan ahli yang telah berpengalaman tentang bagaimana virus berpindah dari alam.

Sejak kemunculan Covid-19, berbagai teori darimana virus corona berasal menjadi pembahasan yang panas. Salah satu teori yang banyak dibicarakan adalah virus corona melarikan diri dari Institut Virologi Wuhan pada akhir 2019.

Meski sejumlah ilmuwan sempat mengatakan teori ini hampir tidak mungkin, tetapi ahli lain menyebut jika teori kebocoran laboratorium tidak bisa dikesampingkan.

Investigasi sebelumnya telah dilakukan oleh sejumlah pihak. Termasuk Tim WHO yang melakukan penyelidikan di Tiongkok pada Januari dan intelijen Amerika Serikat. Tetapi dua penelitian tersebut masih belum mencapai kesimpulan soal teori kebocoran laboratorium.

Tim WHO mengatakan sangat tidak mungkin virus corona bocor dari laboratorium. Mereka mengatakan skenario paling mungkin adalah bahwa virus berpindah dari kelelawar atau pangolin, ke hewan lain, lalu ke manusia. Sementara laporan intelijen AS mengatakan tidak cukup bukti untuk mengatakan secara pasti apa yang telah terjadi.

Tiongkok sendiri telah menyangkal teori kebocoran laboratorium. Beberapa pejabat Tiongkok juga menyarankan tanpa bukti bahwa virus itu mungkin telah melarikan diri dari laboratorium Angkatan Darat AS dan WHO harus menyelidikinya.

Beberapa anggota tim WHO yang berkunjung ke Tiongkok pada Januari mengatakan jika pejabat Tiongkok menolak menyerahkan informasi utama. Itu termasuk data mentah pasien dari kasus awal yang dapat membantu menentukan kapan dan bagaimana Covid-19 dimulai.

Juru bicara WHO yang mengatakan pada WSJ bahwa yang perlu menjadi prioritas tim baru adalah data dan akses di negara tempat laporan pertama diidentifikasi. (*)

Related Articles
Current Issues
Tim Baru WHO Mungkin Jadi Kesempatan Terakhir untuk Temukan Asal Usul Covid-19

Current Issues
Para Ahli di Tim WHO Sebut Pencarian Asal Usul Covid-19 Telah Terhenti

Current Issues
Kasus Covid-19 Pertama Kemungkinan Muncul di Tiongkok Sejak Oktober 2019