Entertainment

Ditanya Soal Season 2, Ini Jawaban Sutradara ‘Squid Game’

Jingga Irawan

Posted on September 28th 2021

Credit: Netflix

Berkat pengembangan karakter, ide cerita, pemilihan warna hingga penyelesaian konfliknya, Squid Game berhasil menjadi serial Korea pertama yang menduduki puncak Netflix di AS. Seri garapan Hwang Dong-hyuk tersebut menghadirkan serangkaian tantangan mematikan dengan janji hadiah uang tunai puluhan miliar.

Keberhasilan Squid Game rupanya mendorong minat penggemar K-Drama untuk melihat season selanjutnya, yang secara tak langsung meminta Hwang Dong-hyuk mengembangkan cerita tambahan. Namun kelihatannya, sutradara kenamaan Korea Selatan itu belum siap membuat sekuel.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Variety, Hwang merinci proses melelahkan agar serial ini mampu mendobrak pasar AS. Dia adalah sosok yang bekerja sendiri untuk proyek-proyeknya. Seperti film Silenced (2011) yang dia klaim prosesnya mirip dengan Squid Game, di mana ia bertindak sebagai penulis dan sutradara.

Menerjemahkan cerita yang dia buat menjadi serial menurutnya cukup melelahkan dan tak ingin dia ulangi. Hwang mengaku butuh waktu hampir enam bulan hanya untuk menyelesaikan dua episode pertama.

"Aku tak memiliki rencana untuk pengembangan Squid Game 2. Cukup melelahkan hanya dengan memikirkannya. Tetapi jika aku melakukannya, aku pasti tak akan melakukannya sendiri. Aku akan mempertimbangkan untuk menggunakan ruang kreatif penulis dan menggandeng banyak sutradara berpengalaman,” kata Hwang.

Dengan jawaban itu, bukan berarti harapan menonton Squid Game season 2 kandas. Hanya saja, ada banyak kemungkinan serial itu tak dibuat dalam waktu dekat.

Squid Game telah direncanakan 13 tahun lalu. Hwang mengembangkan konsep tersebut pada tahun 2008. Dengan inspirasi dari komik seperti Battle Royale dan Liar's Game, ia bertujuan untuk membuat ceritanya lebih relatable dan sederhana di mana sebuah permainan sederhana dapat menentukan hidup atau mati.

"Aku ingin menulis sebuah cerita yang tentang masyarakat kapitalis modern, sesuatu yang menggambarkan persaingan ekstrem, agak seperti persaingan hidup yang ekstrem. Tapi aku ingin menggunakan jenis karakter yang kita semua temui di dunia nyata. Sebagai permainan bertahan hidup, ini adalah hiburan dan drama manusia,” jelasnya, dikutip dari Collider.

“Permainan yang digambarkan sangat sederhana dan mudah dimengerti. Itu memungkinkan penonton untuk fokus pada karakter, daripada mencoba menafsirkan aturannya.”

Memang benar, Squid Game berfokus pada orang-orang miskin dan gagal yang diundang untuk ikut serta dalam permainan bertahan hidup yang mematikan, tapi punya kesempatan memenangkan hadiah uang tunai besar-besaran. Dengan banyaknya intrik antar karakter, penggemar serial ini akhirnya berteori tentang kisah di balik kehidupan mereka, bahkan berspekulasi untuk cerita selanjutnya.

Serial ini dibintangi Lee Jung-jae sebagai Seong Gi-hun, seorang penjudi yang terjebak dengan hutang, Park Hae-soo, yang memerankan temannya Cho Sang-woo, bersama dengan Jung Ho-yeon, Tripathi Anupam, Oh-young Soo, dan Wi Ha-joon.(*)

 

Related Articles
Entertainment
Naskah Squid Game Ternyata Pernah Ditolak Karena Dianggap "Aneh"

Entertainment
Suka Banget sama Serial ‘Squid Game’? Ini Beberapa Teori Psikologi yang Muncul

Korea
Berkat 'Squid Game', Jung Ho-yeon Jadi Aktris Korea dengan Follower IG Terbanyak