Tech

Makin Sukses, TikTok Punya 1 Miliar Pengguna Aktif Bulanan

Jingga Irawan

Posted on September 28th 2021

Credit: The Guardian

Baru diluncurkan pada 2016, TikTok telah memiliki 1 miliar pengguna bulanan. Dilansir dari The Verge, Selasa (27/9), popularitas TikTok melonjak selama Pandemi Covid-19 menjadi aplikasi yang paling banyak di-download di dunia awal tahun 2020, dengan sekitar 315 juta unduhan.

“Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia kini datang ke TikTok setiap bulan untuk dihibur saat mereka belajar, tertawa, atau menemukan sesuatu yang baru," kata pengumuman perusahaan.

Meskipun menghadapi serangkaian kritik oleh pemerintahan Donald Trump, perusahaan induk TikTok, Bytedance, telah mencatat pendapatan pada 2020 dua kali lipat lebih banyak dari dua tahun sebelumnya, yakni USD 34,5 miliar (Rp 491 triliun).

Chief Operating Officer TikTok Vanessa Pappas menyampaikan ucapan berterima kasih kepada pengguna melalui sebuah video karena telah “menjadikan TikTok tempat yang benar-benar istimewa.”

Sejak diluncurkan hingga saat ini, total pemasangan aplikasi TikTok telah mencapai 3,2 miliar. Jumlah tersebut mencakup Douyin, aplikasi TikTok versi Tiongkok. Bahkan, rata-rata pengguna bulanan TikTok tahun ini naik 25 persen dari tahun lalu, membuat nilai ByteDance mencapai USD 425 miliar.

Kesuksesan TikTok juga ditandai dengan banyaknya aplikasi lain yang membuat fitur video pendek serupa. Di antaranya, Instagram meluncurkan Reels, Snapchat memperkenalkan Spotlight, hingga YouTube memulai debut Shorts di AS awal tahun ini. Akan tetapi, TikTok tetap tak terkalahkan. Sebuah laporan mencatat pengguna TikTok menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasinya daripada pengguna YouTube.

Perjalanan TikTok menjadi sesukses sekarang tak luput dari hambatan. ByteDance dan TikTok termasuk ke dalam daftar hitam Pemerintahan Trump tahun lalu. Sehingga, aplikasi tersebut terancam akan diblokir dari App Store dan PlayStore di AS.

Juni lalu, Presiden Joe Biden menandatangani keputusan eksekutif yang mencabut larangan era Trump. Biden meminta salah satu lembaganya untuk menyelidiki aplikasi yang terkait dengan negara tertentu seperti Tiongkok, membuat TikTok sementara ini aman dari pemblokiran.(*)

Related Articles
Tech
Tiongkok Punya Andil di Perusahaan Induk, Senat Desak Biden Blokir TikTok

Tech
TikTok Tambah Perlindungan Privasi dan Batasi Pemberitahuan untuk Remaja

Tech
ByteDance Tidak Sertakan Algoritma TikTok dalam Penjualan Asetnya pada AS