Tech

Hadir di India, WhatsApp Pay Bakal Sediakan Cashback Bagi Pengguna Baru

Jingga Irawan

Posted on September 27th 2021

Credit: Logo WhatsApp Pay India

WhatsApp Payment adalah salah satu produk terbaru dari raksasa teknologi Facebook. Namun, fitur satu ini masih belum populer di berbagai negara sebagaimana platform pembayaran lainnya. Bahkan di Indonesia sendiri, platform tersebut belum hadir dan banyak orang yang belum mengetahuinya.

Melansir The Next Web, Senin (27/9), untuk membuat lebih banyak orang menggunakan layanan pembayaran ini, perusahaan mungkin bakal menawarkan hadiah cashback.

WhatsApp kabarnya sedang mengerjakan fitur cashback dalam versi beta dari aplikasi Android-nya. November lalu, perusahaan meluncurkan WhatsApp Pay di India, setelah menjalankannya dalam mode uji selama dua tahun, karena hambatan peraturan.

Di negara tersebut, solusi WhatsApp didasarkan pada standar Unified Payments Interface (UPI), yang juga digunakan oleh aplikasi pembayaran lain seperti PhonePe Walmart, Google Pay, dan raksasa fintech India Paytm.

Aplikasi lain telah memperkenalkan penawaran cashback untuk memikat orang agar menggunakan layanan mereka. Dan ini adalah pertama kalinya mendengar Facebook mencoba mengikuti model bisnis itu. Saat ini, WhatsApp Pay tak memiliki pangsa besar di pasar pembayaran UPI India. Jadi, penawaran cashback mungkin merupakan cara perusahaan untuk membuatnya lebih populer.

Laporan WABetaInfo mencatat bahwa saat ini perusahaan mengisyaratkan cashback satu kali hanya USD 0,14. Jumlahnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan yang ditawarkan aplikasi lain seperti Google Pay saat peluncuran. Tapi kemungkinan, jumlah itu bisa berubah. Plus, kalian bakal mendapatkan cashback 48 jam setelah kalian melakukan pembayaran.

Hadiahnya sendiri juga hanya diperuntukkan orang yang pertama kali bertransaksi melalui WhatsApp Pay, jadi kalau kalian sudah pernah pakai WhatsApp Pay, kalian mungkin kurang beruntung.(*)

Artikel Terkait
Tech
Tak Mau Turuti Permintaan Buka Privasi, WhatsApp Menggugat Undang-Undang India

Current Issues
Facebook Pay Bakal Masuk Indonesia, Ini Kelebihannya

Tech
Facebook, WhatsApp, dan Instagram Pulih Setelah Down Enam Jam, Ini Penyebabnya!