Lifestyle

5 Cara Memanfaatkan Kecemasan untuk Kebaikan Diri, Bisa Banget!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 26th 2021

(Foto: pch.vector/Freepik)

Buat kamu yang gampang banget khawatir akan segala hal, mungkin terasa melelahkan ya harus cemas cukup sering. Namun, sebenarnya kecemasan itu nggak sepenuhnya buruk kok. Rasa cemas itu sebenarnya wajar banget kita rasakan saat menghadapi sesuatu yang tampaknya di luar kontrol kita.

Nah, dalam kadar yang masih nggak berlebihan, kecemasan bisa kok kita pakai untuk membawa dampak baik buat diri kita sendiri. Ada beberapa cara yang dicetuskan oleh Alicia Clark, psikolog yang berbasis si Washington, D.C., seperti yang dilansir dari Psychology Today.

Tanda kalau kita benar-benar peduli

Nggak mungkin kita khawatir tentang suatu hal kalau kita enggak peduli tentang itu. Kalau mau mengurangi kekhawatiran, bisa mulai gak peduli dengan hal tersebut, kalau memungkinkan tentunya. Yang jelas, sadari bahwa kita cemas karena kita peduli. Dari ini kita bisa lebih menghargai kecemasan.

Cemas memang respons alami tubuh

Kecemasan adalah respons tubuh paling primitif untuk menjaga kita tetap aman. Memang tugasnya kecemasan itu mengingatkan kalau ada kemungkinan bahaya dan menyediakan sumber daya buat kita melindungi diri. Tugasnya memang untuk mendapatkan perhatian kita. Nah, menghilangkannya gak bisa dengan hanya menghindar, tapi memenuhi perhatian yang diperlukan tadi.

Pakai sebagai pengingat rutin

Kecemasan akan terus muncul untuk mengingatkan kita pada sesuatu yang memang kita pedulikan. Anggap ini memang reminder rutin biar kita bisa fokus dan mengumpulkan fokus ke hal yang kita pedulikan itu. Memang tugasnya kecemasan untuk membantu kita meraih apa yang kita mau.

Bahan bakar buat beraksi

Kecemasan mendorong kita buat melindungi diri dan gak akan berhenti muncul sampai kita terlindungi. Cara buat melindungi diri bisa beragam, tapi semuanya melibatkan aksi. Nah, dorongan beraksi ini bisa datang dari kecemasan kan? Setelah melakukan aksi yang positif, perlahan si kecemasan pergi dan berkata, “Mission accomplished!

Bisa mendorong imun tubuh

Dalam kadar kecil, kecemasan sebenarnya mendorong dihasilkannya hormon kortisol, hormon yang mendorong imun tubuh. Pernah gak sih baru sakit pas setelah ujian atau acara penting selesai?

Kemungkinan besar itu peran dari kecemasan yang mendorong hormon kortisol sehingga kita tetap sehat selama momen penting itu berlangsung. Kortisol menangkal infeksi dan penyakit yang bisa melemahkan kita. Setelah momen tersebut berlalu, kita nggak cemas lagi, dan bisa dengan tenang sakit deh.

Nah, itu dia sederet cara untuk memanfaatkan kecemasan secara positif. Ingat, ini kalau kadar kecemasan nggak berlebihan ya. Kalau kamu merasa sangat khawatir dan gak bisa beraktivitas normal karena itu, ada baiknya untuk konsultasi ke psikolog atau psikiater. (*)

 

Related Articles
Lifestyle
Tips Enyahkan Kekhawatiran Dalam Waktu 5 Menit!

Lifestyle
Sering Merasa Gelisah? Hilangkan 5 Mindset Negatif Ini Untuk Lawan Anxiety

Lifestyle
Stres dan Gangguan Kecemasan Itu Mirip Tapi Beda, Cek Nih Penjelasannya!