Tech

Pengguna Twitter Kini Bisa Kirim dan Terima Tip Berupa Bitcoin

Jingga Irawan

Posted on September 24th 2021

Credit: Engadget

Beberapa bulan lalu, Twitter Inc pertama kali memperkenalkan fitur tip jar yang memungkinkan pengguna mengirim atau menerima tip. Dan perusahaan telah memperluas fitur tip jar tersebut dengan menghadirkan dukungan bitcoin.

Melansir Engadget, Jum’at (24/9), Twitter akan mengizinkan orang untuk memberi tip kepada pembuat konten favorit mereka dengan bitcoin. Dengan pembaruan tersebut, pengguna di seluruh dunia akan memiliki akses ke tip, yang bisa digunakan untuk saling mengirim uang melalui aplikasi seperti Venmo, Cash App, atau Bandcamp, GoFundMe dan PicPay, platform pembayaran dari Brazil.

Pengguna Twitter di Amerika Serikat dan El Salvador akan memiliki opsi tambahan untuk mengirim dan menerima tip dengan bitcoin melalui Strike. Sementara, pengguna di negara lain akan dapat menerima tip melalui alamat bitcoin masing-masing.

Seperti halnya tip yang menggunakan platform non-crypto tradisional, Twitter tak akan memotong jumlah besaran uang yang dikirim antar pengguna. Pemberian tip ini diluncurkan ke semua pengguna di iOS mulai hari ini, dan akan tersedia di Android dalam beberapa minggu mendatang.

Credit: Twitter

Keputusan yang diambil Twitter tersebut bertujuan untuk memberdayakan pembuat konten di dan menciptakan ruang baru bagi orang-orang yang berpotensi membuat konten.

“Kami ingin semua orang memiliki akses ke jalur untuk mendapatkan bayaran,” kata Esther Crawford, juru bicara Twitter.

“Mata uang digital yang mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam ekonomi dan membantu orang saling mengirim uang melintasi perbatasan dan dengan gesekan sesedikit mungkin membantu kami sampai di sana.”

Menurut Esther, raksasa teknologi yang berbasis di San Fransisco tersebut juga sedang dalam tahap awal untuk mengeksplorasi layanan otentikasi NFT (Non-Fungible Token). Nantinya, pengguna diizinkan untuk menampilkan seni NFT di profil mereka.

Meskipun fitur tersebut masih dalam tahap percobaan, Twitter mengklaim sedang berupaya untuk mendukung kreator NFT dengan memberi mereka cara untuk menampilkan NFT di aplikasi berlambang burung biru tersebut.

“Dengan mengizinkan orang untuk menghubungkan dompet kripto mereka secara langsung, kami dapat melacak dan menampilkan kepemilikan NFT kami di Twitter,” katanya. “Kami tertarik untuk membuatnya jelas secara visual bahwa ini adalah avatar yang diautentikasi dan, dan kemudian memberi pengguna beberapa info dan wawasan menarik tentang asal NFT itu.”(*)

 

Related Articles
Tech
Twitter Resmi Rilis Fitur Tip Jar, Kita Bisa Kasih Tip buat Pengguna Favorit

Tech
Bos Twitter Lelang Twit Pertamanya Senilai Rp 35 Miliar, Buat Apa Orang Beli?

Tech
Twitter Uji Coba Fitur Tip Jar, Pengguna Bisa Langsung Kasih Donasi buat Kreator