Tech

Tesla & Samsung Bakal Kerja Sama Produksi Chip Mobil Otonom Generasi Baru

Jingga Irawan

Posted on September 24th 2021

Credit: Getty Images

Kerja sama antara Tesla dan Samsung merambah ke berbagai bidang. Menurut laporan baru dari surat kabar Korea, Tesla saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Samsung Electronics untuk memproduksi chip mobil otonom generasi berikutnya. Proudk tersebut merupakan pengembangan proses produksi chip 7-nanometer milik Samsung.

Menurut Korea Economic Daily, sejak awal tahun ini, Tesla dan Samsung telah membahas desain chip beberapa kali dan bertukar prototipe chip untuk komputer mengemudi otonom Hardware 4 Tesla mendatang. Sebelumnya, Samsung juga telah memproduksi chip di komputer Hardware 3 Tesla.

"Samsung Electronics berencana untuk memproduksi massal chip Tesla HW 4.0 di pabrik Hwasung utamanya di Korea menggunakan teknologi pemrosesan 7-nanometer paling cepat pada akhir tahun ini," menurut seorang sumber kepada Korea Economic Daily.

Pabrik tersebut dikabarkan akan mampu menangani produksi chip dalam jumlah besar untuk memenuhi permintaan Tesla. Dan rencananya, chip baru ini digunakan pertama kali pada Tesla Cybertruck tahun depan.

Kembali pada 2016, Tesla mengumumkan bahwa semua kendaraannya ke depan akan diproduksi dengan hardware canggih, tujuannya agar mencapai kemampuan mengemudi otonom penuh yang juga dilengkapi pembaruan software di masa mendatang.

CEO Tesla, Elon Musk, kemudian mengatakan dalam acara perusahaan AI Day pada Agustus lalu bahwa Tesla akan memperkenalkan hardware baru bagi sistem mengemudi otonom untuk truk pick-up Cybertruck dalam sekitar satu tahun atau lebih.

“Jelas, akan ada Hardware 4 atau Self Driving Computer 2, yang mungkin akan kami perkenalkan dengan Cybertruck mungkin sekitar satu tahun atau lebih. Itu akan menjadi 4 kali lebih mampu,” kata Elon Musk.

Elon mengklaim bahwa tujuan penggunaan hardware baru untuk meningkatkan keamanan antara pengemudi manusia dan mobil otonom. Jika chip tersebut debut di Cybertruck seperti yang dikenalkan oleh Elon Musk, Cybertruck diperkirakan dikirim ke pelanggan akhir 2022.(*)

 

Related Articles
Tech
"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik

Tech
Siapa yang Bakal Untung Maksimal Ketika Terjadi EV Boom?

Tech
Saingi Gigafactory Tesla Di Eropa, Volvo Produksi Baterai Bareng Northvolt