Entertainment

‘Squid Game’ Jadi Serial Korea Pertama yang Duduki Puncak Netflix AS

Jingga Irawan

Posted on September 23rd 2021

Credit: Netlix

Serial original Netflix, Squid Game, tak hanya mendapat sambutan hangat di Korea Selatan tetapi juga di Amerika Serikat. Menurut chart Whats on Netflix, per 23 September 2021 Squid Game menduduki peringkat teratas Netflix AS secara keseluruhan. Bahkan mengalahkan Sex Education yang saat ini berada di posisi kedua.

Tak hanya itu, Squid Game juga memegang rekor tertinggi untuk serial Korea yang dirilis secara internasional. Sebelumnya, ada serial Sweet Home dari Netflix yang menduduki peringkat ketiga di AS.

Menurut Flixpatrol, situs peringkat konten video streaming, Squid Game menduduki peringkat teratas Netflix di banyak negara, termasuk Hongkong, Malaysia, Maroko, Oman, Filipina, Peru, Meksiko, dan Bolivia. Serial garapan Hwang Dong-hyuk itu juga berada dalam posisi tiga teratas di Kanada, India, Australia, Jerman, Prancis hingga Selandia Baru.

Serial satu ini juga booming di media sosial, dengan tren 200.000 lebih tweet yang membedah seluk beluk sembilan episode Squid Game. Dirilis 17 September lalu, Squid Game menceritakan tentang perjuangan orang-orang untuk bersaing memperebutkan 45,6 miliar won.

Namun secara khusus, Squid Game berfokus pada Ki-hoon (Lee Jung Jae), seorang pria yang terlilit hutang dan terjebak dalam kondisi kemiskinan. Ia mengikuti kompetisi Squid Game untuk melunasi hutangnya.

Ada banyak film yang masih satu aliran dengan Squid Game, seperti The Hunger Games, The Maze Runner, hingga As The Gods Will, di mana para pemain mau nggak mau harus bertahan dalam sebuah permainan dan aturan konyol untuk mencoba menjadi orang terakhir yang bertahan.

Tapi dalam banyak hal, Squid Game mengingatkan Mainmain pada Battle Royale (2000), film Jepang yang menceritakan penculikan anak sekolah dan mereka diminta bertarung sampai mati di sebuah pulau. Konsep Battle Royale lah yang akhirnya meluncurkan seribu peniru dan seluruh genre video game saat ini.

Selain Lee Jung Jae, serial Squid Game juga dibintangi oleh Park Hae Soo, Jung Ho Yeon, Wi Ha Joon, Oh Young Soo, dan Heo Sung Tae, dan lainnya. (*)

 

 

Artikel Terkait
Entertainment
Lebih Fashionable, Netflix Rilis First-Look ‘Emily in Paris’ Season 2

Entertainment
Naskah Squid Game Ternyata Pernah Ditolak Karena Dianggap "Aneh"

Entertainment
“Squid Game” Dunia Nyata Bakal Diadakan di Uni Emirat Arab, Tertarik Ikut?