Lifestyle

3 Langkah Efektif Melatih Diri Biar Lepas dari Jiwa Ngaret

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 21st 2021

(Foto: Storyset/Freepik)

Sering dijuluki dengan sebutan jam karet alias hobi ngaret? Kalau terlambat sudah jadi sohibmu sehari-hari, pasti rasanya nggak enak banget dong. Entah kena semprot teman sendiri, guru atau dosen, belum lagi capek lari-lari demi mengejar waktu.

Kemungkinan besar kita sering telat adalah kita salah memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu hal. Mungkin awalnya hanya terlewat sepuluh menit, tapi kalau setiap kegiatan kelebihan sepuluh menit, banyak juga tuh waktu yang tertunda.

Nih, simak beberapa tips biar gak hobi telat seperti yang dicetuskan oleh Ellen Hendriksen, psikolog di Boston University’s Center for Anxiety and Related Disorders (CARD).

Hitung ulang semua estimasi waktu

Daripada ujung-ujungnya telat karena salah estimasi, lebih baik lebihkan perhitungan estimasi waktu sebanyak 25-50%. Lebih baik jangan terlalu optimis sampai meremehkan waktu yang kita perlukan untuk sampai di suatu kegiatan untuk mencegah kita terburu-buru di akhir. Usahakan jangan tergoda menambahkan kegiatan mendadak juga sebelum menyelesaikan agenda yang telah ditentukan.

Ubah kalimat jadi lebih mendorong

Daripada berkata, “Kita ada rapat jam 16.00,” lebih baik bilang, “Host sudah gak akan admit peserta lagi (kalau di Zoom) setelah jam 16.00 tepat.” Kalimat pertama bikin kita berpikiran bahwa lewat beberapa menit masih bisa dimaafkan. Kalimat kedua cenderung bikin kita bersiap lebih cepat. Kalau perlu, suarakan juga kalimat tersebut buat diri sendiri. Ini bikin kita merasa agenda tersebut penting dan mendorong kita buat melangkah.

Siapkan hal-hal memusingkan sedari awal

Mungkin kita perlu menyiapkan makanan buat sarapan atau makan siang biar gak perlu lama menunggu order ojek online datang. Menyiapkan ini bisa dengan meal prep di malam sebelumnya atau sudah menjadwalkan pesanan makanan sejak sehari sebelumnya. Di jam yang sudah ditentukan, pesanan akan otomatis berjalan deh. Ini meminimalisir kita lupa memesan makanan dan ujung-ujungnya telat ikut kegiatan karena masih menunggu makanan datang.

Nggak cuma tentang makanan. Siapkan juga pakaian, gadget, dan semua yang kamu perlukan di malam hari biar pas pagi sudah gak ribet.

Nah, itu dia beberapa langkah biar nggak terlambat. Yuk yuk, latihan lebih on time~

Related Articles
Lifestyle
Sering Merasa Gelisah? Hilangkan 5 Mindset Negatif Ini Untuk Lawan Anxiety

Lifestyle
Sedih Karena Kepergian Idola? Wajar kok! Ini Alasan dan Tips Menghadapinya

Lifestyle
5 Langkah Membebaskan Diri dari Kemarahan dan Dendam karena Ketidakadilan