Current Issues

Indonesia Catat Kenaikan Kasus Terendah Sejak Setahun Terakhir

Dwiwa

Posted on September 21st 2021

Ada kabar gembira nih dari penanganan pandemi Covid-19. Pasalnya, pada Senin (20/9) jumlah kasus harian Covid-19 di Indonesia tercatat hanya ada 1.932. Ini merupakan penambahan terendah sejak Agustus 2020. Kabar baik ini pun membuat pembatasan di Jawa-Bali semakin dilonggarkan.

Dilansir Reuters, tingkat positif rata-rata meencapai kurang dari 4 persen pada bulan ini. Angka tersebut berada di bawah ambang 5 persen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menentukan apakah wabah terkendali.

Meski begitu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memperingatkan jika risiko gelombang infeksi baru masih mungkin terjadi. Protokol karantina pun akan diperkuat di titik masuk.

“Salah satu risikonya dari luar negeri karena jumlah kasus Covid-19 di negara tetangga kita masih tinggi. Kami tidak ingin menurunkan penjagaan terhadap varian baru,” ujarnya dalam konferensi pers virtual.

Semakin menurunnnya kasus Covid-19 di Indonesia pun membuat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) semakin dilonggarkan pada Senin. Meskipun PPKM diperpanjang, tetapi semua wilayah di Pulau Jawa dan Bali kini sudah tidak ada lagi yang berada di level 4. Bioskop sudah diizinkan untuk dibuka kembali dengan kapasitas 50 persen.

Selain itu anak-anak di bawah usia 12 tahun diperbolehkan memasuki mal dengan pengawasan pendampingan orang tua. Tetapi ini baru uji coba yang dilakukan di sejumlah mal yang ada di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Pekan lalu Luhut juga sempat mengungkapkan jika pemerintah mungkin saja bisa mengizinkan turis asing untuk berkunjung ke Bali mulai Oktober karena jumlah kasus terus menurun.

Sejauh ini, Indonesia telah mencatat hampir 4,2 juta infeksi dengan lebih dari 140 ribu kematian. Namun soal penambahan kasus baru, Luhut mengatakan jika kasusnya telah turun sampai 98 persen dari puncaknya pada Juli. (*)

 

Related Articles
Current Issues
PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 9 Agustus, Ini Aturan yang berlaku

Current Issues
Ini Loh Arti Warna Hasil Skrining Aplikasi Peduli Lindungi Saat Masuk Mal

Current Issues
Meski PPKM Diperpanjang, Aturan di Mal Sudah Makin Dilonggarkan