Tech

iOS 15 Sudah Bisa Diunduh, Ini Fitur Barunya!

Jingga Irawan

Posted on September 21st 2021

Credit: Apple

Apple baru saja merilis versi final dari iOS 15, sistem operasi utama untuk iPhone. Melansir TechCrunch, Selasa (21/9), iOS 15 tersedia gratis untuk perangkat iPhone 6s ke atas, baik generasi iPhone SE dan model iPod touch terbaru. Pengguna iPad juga bisa memperbarui ke iPadOS 15 dan watchOS 8 hari ini.

Ada banyak update fitur baru untuk iOS 15. Misalnya focus mode. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengonfigurasi berbagai mode, dengan cara memilih aplikasi, mengatur notifikasi dari orang tertentu, dan mengubah fokus tergantung dari apa yang dilakukan. Contohnya, membuat work mode, sleep mode, workout mode.

Selain focus mode, ada banyak tampilan baru, seperti pembaruan aplikasi Weather, Apple Maps, versi FaceTime yang ditingkatkan dan Safari yang juga memiliki tampilan lebih fresh.

Versi baru iOS juga dapat memindai foto untuk mencari teks. Disebut live text, fitur ini memungkinkan pengguna menyorot, menyalin, dan menempelkan teks dari foto. Ini bisa menjadi fitur aksesibilitas yang bagus juga karena iOS akan memanfaatkan info untuk spotlight. Kalian dapat mencari teks di foto kalian langsung di spotlight, lantas muncullah foto yang relevan.

Pengguna iCloud berbayar akan ditingkatkan ke iCloud+. Selain lebih banyak penyimpanan, pelanggan iCloud+ mendapatkan beberapa fitur baru. iCloud Private Relay, yang tersedia sebagai fitur beta, memungkinkan kalian menjelajahi web dengan privasi yang lebih ketat.

Sementara fitur hide my email, memungkinkan kalian membuat alamat email secara acak untuk bikin akun baru di web. Pengguna email iCloud juga dapat beralih ke nama domain pribadi.

Sebelum melakukan pembaruan, pertama-tama, buat cadangan perangkat. Pastikan cadangan iCloud  up to date dengan membuka aplikasi Setting di iPhone atau iPad, mengetuk informasi akun di bagian atas kemudian pada nama perangkat. Selain itu, pengguna juga dapat menyambungkan perangkat iOS ke komputer untuk melakukan pencadangan manual di Finder atau iTunes untuk Windows.

Setelah selesai, pengguna harus menuju ke aplikasi Setting, lalu "General" dan kemudian "Software Update." Pengguna akan melihat "Update Requested" kemudian akan secara otomatis mulai mengunduh setelah tersedia dan tunggu prosesnya hingga selesai.(*) 

Related Articles
Tech
Kembangkan Aplikasi Move to iOS, Apple Buka Lebar Migrasi Pengguna Android

Tech
Apple Luncurkan Preview iOS dan iPadOS 14, ini Fitur Terbarunya

Tech
Wow! iOS 15 Bisa Untuk iPhone 6s Begini Cara Instal Versi Betanya