Tech

TikTok Versi Tiongkok Batasi Akses Pengguna di Bawah 14 Tahun

Jingga Irawan

Posted on September 20th 2021

Credit: Reuters

Pengetatan aturan internet yang dibuat Tiongkok rupanya tak berhenti hanya sampai game online. Menurut laporan The Verge, Minggu (19/9), aplikasi video populer Tiongkok yang mirip seperti TikTok, Douyin, bakal membatasi penggunaan aplikasi di Tiongkok bagi remaja berusia di bawah 14 tahun. Informasi tersebut diumumkan oleh perusahaan induk melalui sebuah postingan website ByteDance.

Cara kerja fitur youth mode dalam aplikasi sama seperti dengan pembatasan baru pemerintah Tiongkok dalam mengakses game online bagi anak-anak yang lebih kecil. Remaja di bawah 14 tahun dapat mengakses Douyin antara pukul 6 pagi dan 10 malam dengan batas waktu hanya 40 menit, dan tak akan dapat menggunakan aplikasi di luar waktu itu.

Aturan akan berlaku untuk pengguna yang terdaftar dengan nama asli di bawah 14 tahun. Perusahaan juga akan mendorong orang tua untuk membantu anak-anaknya menyelesaikan proses pendaftaran menggunakan nama asli, atau mengaktifkan youth mode saat diminta oleh aplikasi.

ByteDance juga mengatakan bahwa konten yang tersedia untuk pengguna dalam youth mode bakal mencakup materi pendidikan, seperti: eksperimen sains yang menarik, pameran di museum dan galeri, pemandangan indah di seluruh negeri, hingga pengetahuan sejarah.

Pemerintah Tiongkok telah berfokus untuk mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan para remaja untuk online, karena dianggap berbahaya. Bulan lalu, Administrasi Pers dan Publikasi Nasional Tiongkok meluncurkan aturan baru, yang membatasi warga Tiongkok di bawah 18 tahun untuk bermain game online hanya pada hari Jumat, akhir pekan, dan hari libur, antara pukul 20.00 dan 21.00.

Pihak berwenang telah mengarahkan perusahaan dan platform game  untuk menggunakan identifikasi nama asli untuk semua penggunanya, prosesnya mengharuskan pengguna untuk memberikan nomor telepon dan identifikasi lainnya untuk mengakses game online.

Sementara itu, aplikasi pesan WeChat, milik Tencent, juga memiliki fitur Youth Mode, yang ketika diaktifkan, membatasi akses pengguna remaja ke beberapa game dan fitur seperti pembayaran atau cara kerja untuk menemukan teman terdekat.(*)

 

Related Articles
Tech
Mengapa Jarang Lihat Kreator Tiongkok di TikTok? Padahal Aplikasinya dari Sana

Tech
TikTok Batal Kerja Sama dengan Microsoft di Amerika, Lebih Pilih Oracle

Tech
Donald Trump Setujui Kesepakatan Oracle-TikTok untuk Dirikan "TikTok Global"