Lifestyle

Ini Alasan Utama Orang Gagal Jalani Gaya Hidup Sehat, Kamu Juga?

Dwiwa

Posted on September 19th 2021

Apa alasan utama yang sering membuat kalian gagal saat mencoba untuk menjalani hidup sehat? Karena kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan atau karena tiba-tiba tekad yang membara lenyap begitu saja? Tetapi menurut sebuah penelitian terbaru, bukan itu yang menjadi alasan sebagian besar orang gagal menjalani gaya hidup sehat.

Dilansir dari Eat This, Not That!, sebuah survei yang dilakukan OnePoll atas nama perusahaan suplemen Naturade melakukan jajak pendapat pada 2.005 orang Amerika tentang kebiasaan sehat baik fisik maupun mental dan faktor yang mencegah mereka menjalani gaya hidup sehat.

Hasilnya adalah, 59 persen responden mengatakan jika faktor utama yang membuat mereka sulit menerapkan gaya hidup sehat adalah alasan sederhana: terlalu mahal.

Hal itu diperparah dengan kemampuan banyak masyarakat Amerika dalam mengakses makanan bergizi. Di antara responden survei, 79 persen mengatakan bahwa toko kelontong paling dekat dengan rumah mereka berjarak lebih dari satu mil atau sekitar 1,6 km.

Bahkan, jarak rata-rata antara rumah responden dan toko kelontong terdekat adalah 4,1 mil atau 6,5 km, sebuah perjalanan singkat jika kalian memiliki mobil. Tetapi bagi yang berjalan kaki, akan sulit untuk menempuh perjalanan sambil membawa stok bahan makanan selama seminggu di tangan.

Ditambah lagi, memiliki toko kelontong yang dekat rumah juga tidak selalu berarti gampang mengakses makanan sehat. Di antara responden, hanya 22 persen yang mengatakan bahwa mereka menemukan toko yang tidak hanya dekat tetapi juga menjual produk segar berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Sayangnya, responden survei mengatakan ketidakmampuan mereka untuk mengakses makanan segar menyebabkan beberapa konsekuensi besar. Hanya 50 persen yang mengatakan bahwa makan makanan sehat adalah salah satu prioritas utama mereka.

Rata-rata peserta survei juga mengonsumsi makanan cepat saji hampir tiga kali seminggu, dengan 24 persen orang yang diwawancarai makan makanan cepat saji lima kali atau lebih setiap minggu.

Kurangnya makanan sehat tidak hanya menyebabkan masalah pada lingkar pinggang, tetapi juga dapat menimbulkan penyakit kronis dalam jangka panjang. Sebuah studi yang diterbitkan di Lancet menemukan bahwa makan makanan cepat saji dua kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko dua kali lipat mengembangkan resistensi insulin yang sering memicu diabetes.

Di antara responden penelitian, 80 persen mengatakan mereka memiliki penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup mereka atau mengenal seseorang yang mengidapnya.

Nah, kalau kalian apa nih yang menjadi penyebab gagal menjalani hidup sehat? (*)

 

Related Articles
Lifestyle
Kebiasaan-Kebiasaan Ini Bikin Kamu Cepat Tua Loh, Stop Mulai Sekarang

Lifestyle
Awas, Diet Yo-Yo Berbahaya Bagi Kesehatan Loh

Lifestyle
Sarapan Ini Bisa Bikin Kolesterol Naik Loh, Stop Mulai Sekarang