Entertainment

Salip Tom Cruise, Sutradara Rusia Bakal Bikin Film Pertama di Ruang Angkasa

Jingga Irawan

Posted on September 19th 2021

Credit: NASA

Tom Cruise tak akan jadi aktor pertama yang bikin film di ruang angkasa. Melansir Movie Web, Minggu (19/9), sutradara asal Rusia, Klim Shipenko, dan aktris Yulia Pereslid, serta dua kosmonot, akan melakukan pengambilan gambar selama 12 hari di ruang angkasa untuk film baru berjudul The Challenge.

Mereka akan diluncurkan dengan pesawat Soyuz MS-19 dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada 5 Oktober mendatang. Dari sana, mereka akan dikirim ke stasiun luar angkasa (ISS) yang mengorbit Bumi pada ketinggian sekitar 220 mil.

Sutradara Klim Shipenko menjelaskan bahwa film tersebut dibuat mengikuti kisah orang biasa. Seorang dokter yang tak ada hubungannya dengan eksplorasi ruang angkasa. Namun dia ditawari melakukan perjalanan ke ISS, dan menyelamatkan nyawa kosmonot. 

Karena pengambilan gambar di luar angkasa belum pernah terjadi, komandan Kosmonot Anton Shkaplerov mengatakan bahwa dia masih perlu mencari tahu bagaimana sebuah film diproduksi di tempat yang tak biasa seperti luar angkasa. 

Aktris utama dan satu-satunya yang akan melakukan pengambilan gambar, Yulia Peresild, mengatakan bahwa dia akan melakukan tata rias dan merancang kostumnya sendiri.

"Itu tentu jauh berbeda dengan seperti di bumi, tetapi kami akan melakukan yang terbaik. Kami siap untuk itu," katanya. Demi menghasilkan karya terbaik, dia mengikuti kursus kilat perjalanan ruang angkasa di Pusat Pelatihan Kosmonot Yuri Gagarin.

Saat ditanya apakah ia takut untuk melakukan syuting di ruang angkasa, Yuli menjelaskan bahwa sudah terlambat untuk takut, karena langkah persiapan filmnya cukup matang. Yuli kemudian meninggalkan konferensi pers dengan mengatakan, "Jika kamu takut pada serigala, kamu tak boleh pergi ke hutan."

Tahun lalu, sempat ramai diperbincangkan jika Tom Cruise, telah bekerja sama dengan SpaceX dan NASA untuk membuat sebuah film thriller yang berlokasi di ruang angkasa dan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Sutradara ternama, Doug Liman, digadang mengerjakan proyek senilai USD 200 juta tersebut. Namun, ada desas-desus bahwa proyek film itu dibatalkan, tetapi Variety menepisnya dengan mengatakan bahwa film ruang angkasa Tom Cruise masih dalam proses pengerjaan.(*)

 

Related Articles
Tech
Titik Awal UEA Observasi Mars Berhasil Diwujudkan Lewat Pengorbitan Hope Probe

Entertainment
Netflix Bikin Seri Dokumenter Tentang Misi Sipil Pertama SpaceX ‘Countdown’

Entertainment
Tom Cruise, SpaceX dan NASA akan Buat Film di Luar Angkasa