Tech

Kalahkan Tesla, Lucid Air Pecahkan Rekor dengan Jangkauan 520 Mil

Jingga Irawan

Posted on September 17th 2021

Credit: Lucid

Lucid Motors kini berhasil mengungguli produk dari perusahaan Elon Musk, Tesla. Melansir The Verge, Jumaat (17/9), Environmental Protection Agency (EPA) merilis perkiraan resmi untuk jangkauan sedan Lucid Air Dream Edition yang menunjukkan bahwa mobil mampu menempuh 520 mil (835 kilometer) dengan full charge. Lebih 100 mil dari Tesla Model S Long Range, yang memiliki perkiraan 405 mil.

Peringkat terbaru EPA membuktikan klaim Lucid bahwa sedan listriknya akan menjadi Electric Vehicle (EV) dengan jarak tempuh terjauh di pasar. Peringkat itu juga merupakan kemenangan bagi CEO dan CTO Lucid Motors, Peter Rawlinson, yang memimpin pengembangan Model S ketika dia bekerja di Tesla dan mengatakan bahwa Air akan mengungguli Tesla dalam hal jangkauan, kemewahan, akselerasi, dan harga.

Paket baterai 113kWh Air, serta desain aerodinamisnya, membantu berkontribusi pada jangkauan kendaraan yang mengesankan. Rentang jangkauan memang sangat subyektif, biasanya perkiraan rentang jangkauan tersebut tak termasuk faktor-faktor seperti pendakian bukit yang curam dan efek cuaca dingin.

“Perkiraan EPA, termasuk kisaran EV, dimaksudkan sebagai pedoman umum bagi konsumen saat membandingkan kendaraan,” kata badan tersebut di situs webnya. "Sama seperti 'jarak tempuh mungkin bervariasi' untuk kendaraan bensin, jangkauan pengendara juga akan bervariasi untuk EV."

EPA juga menilai berbagai level trim, seperti Dream Edition dengan roda 21 inci (481 mil), Dream Edition Performance (471 mil dengan roda 19 inci dan 451 mil dengan roda 21 inci), serta Grand Touring ( 516 mil dengan roda 19 inci dan 469 mil dengan roda 21 inci).

Tetapi peningkatan teknologi perusahaan juga akan berpengaruh pada harga, dengan Lucid Air Dream Edition yang dilengkapi roda 19 inci mulai dibanderol USD 169.000. Lucid juga berencana untuk merilis model dasar pada 2022 yang dimulai dari harga USD 77.400.

Perusahaan yang berbasis di Newark, California, yang baru-baru ini go public, bersiap untuk mulai mengirimkan kendaraan pertamanya kepada pelanggan akhir tahun ini.(*)

Related Articles
Tech
Siapa yang Bakal Untung Maksimal Ketika Terjadi EV Boom?

Tech
Pakar ITB: Generasi Muda Indonesia Siap Adopsi Teknologi Baru EV

Tech
Volkswagen Mulai Bangun Pabrik Baterai EV Tahun Depan