Tech

Microsoft Office 2021 Bakal Diluncurkan 5 Oktober Mendatang

Jingga Irawan

Posted on September 17th 2021

Credit: The Verge

Raksasa teknologi perangkat lunak, Microsoft, bakal meluncurkan dua versi Office terbaru. Perusahaan merilis Office LTSC untuk pelanggan komersial mulai Kamis (16/9), dan menjanjikan rilis versi Office 2021 untuk konsumen pada 5 Oktober mendatang.

Melansir The Verge, Jumat (17/9), Microsoft Office Long Term Service Channel (LTSC) untuk Windows dan Mac akan tersedia untuk pengguna komersial dan pemerintah hari ini, menyediakan rilis Office dalam jangka waktu yang lebih panjang tanpa pembaruan langganan.

Office LTSC dirancang untuk bisnis di industri teregulasi di mana proses dan aplikasi tak dapat berubah setiap bulan, atau untuk pabrik manufaktur yang mengandalkan Office dan menginginkan rilis waktu yang terkunci. Microsoft akan mendukung Office LTSC selama lima tahun, dan perusahaan juga telah berkomitmen untuk meningkatkan layanan versi Office lainnya.

Rilis untuk kedua versi Office akan sangat mirip. Keduanya menawarkan rilis waktu terkunci tanpa pembaruan fitur. Microsoft mencantumkan pembaruan untuk Office LTSC, yang digadang juga akan berlaku untuk Office 2021, antara lain:

- Fokus Garis, mirip dengan mode membaca agar lebih nyaman dan menelusuri dokumen Word baris demi baris.

- Fungsi XLOOKUP, membantu menemukan hal penting dalam tabel atau rentang demi baris dalam lembar kerja Excel.

- Dukungan array dinamis, fungsi baru di Excel yang menggunakan array dinamis.

- Mode gelap, semua aplikasi Office akan menyertakan dukungan mode gelap.

Microsoft sebenarnya masih merekomendasikan Microsoft 365 untuk bisnis dan konsumen, di mana perusahaan memiliki lebih dari 300 juta pelanggan berbayar untuk Office 365 di sisi komersial. Perusahaan baru-baru ini juga mengumumkan kenaikan harga pertamanya untuk Microsoft 365 dan Office 365 yang mulai berlaku pada Maret 2022

Sementara itu, Microsoft belum merinci harga untuk Office 2021, tetapi perusahaan mengatakan itu akan tersedia secara umum pada 5 Oktober, hari yang sama dengan peluncuran Windows 11. Sama seperti Office 2019 sebelumnya, Office 2021 adalah pembelian satu kali yang akan tersedia di Windows dan Mac.(*)

Related Articles
Tech
Microsoft Store Izinkan Integrasi dari Toko Aplikasi Epic Games dan Amazon

Tech
Microsoft Bakal Ungkap "Next Generation of Windows" pada 24 Juni

Tech
Trik Upload Foto ke Instagram Langsung dari PC