Tech

Microsoft Izinkan Pengguna Masuk ke Akun Tanpa Kata Sandi

Jingga Irawan

Posted on September 16th 2021

Credit: The Verge

Penggunaan kata sandi untuk akun Microsoft sering kali menyulitkan pengguna. Tak seperti akun media sosial sehari-hari, akun Microsoft jauh lebih jarang digunakan. So, kata sandi akun Microsoft sering kali dilupakan. Apalagi bagi kalian yang belum memasuki dunia bekerja. Nah, untuk mengatasi persoalan tersebut perusahaan kini mengizinkan pengguna menghapus kata sandi.

Melansir The Verge, Rabu (15/9), perusahaan bakal mengizinkan pengguna masuk ke akun Microsoft dengan aplikasi Microsoft Authenticator, Windows Hello, security key, kode verifikasi SMS atau email.

Microsoft mulai membuat otentikasi bebas kata sandi awal tahun ini, memungkinkan pengguna komersial untuk masuk ke akun tanpa kata sandi. Dan sekarang, akses masuk ke akun tanpa kata sandi diperuntukkan bagi semua pengguna.

“Kami telah meluncurkan ini di Microsoft dan hampir 100 persen Microsoft sekarang tanpa kata sandi,” kata Vasu Jakkal, kepala keamanan, kepatuhan, dan identitas Microsoft, kepada The Verge.

Pengguna dapat menghapus kata sandi dengan mudah. Pertama, pengguna harus mengunduh aplikasi Microsoft Authenticator di iOS atau Android dan mengonfigurasi akun di aplikasi. Kemudian, buka dasbor akun Microsoft di browser dan coba masuk. Kalian akan diminta untuk memeriksa smartphone untuk menyetujui otentikasi.

Setelah berada di halaman utama akun Microsoft, pengguna dapat langsung menuju ke tab Security, scroll ke bawah dan pilih Advanced Security, lalu scroll ke bawah pada halaman berikutnya ke bagian Additional Security dan pilih opsi untuk akun Passwordless.

Setelah diatur, pengguna hanya perlu smartphone untuk menyetujui login. Jika suatu saat pengguna ingin mematikan opsi ini, pengguna dapat kembali ke panel pengaturan keamanan yang sama dan menambahkan opsi kata sandi kembali.

Google, Apple, dan perusahaan teknologi lainnya juga berupaya mengurangi ketergantungan pada kata sandi. Google Chrome memungkinkan kalian masuk tanpa kata sandi, pembaruan iOS 15 dan macOS Monterey Apple juga menyertakan fitur Kunci Sandi di iCloud, sebagai upaya untuk mengganti kata sandi dengan proses masuk yang lebih aman.(*)

Related Articles
Tech
TikTok Batal Kerja Sama dengan Microsoft di Amerika, Lebih Pilih Oracle

Tech
Twitter Bakal Izinkan Pengguna Sembunyikan Tweet Lamanya

Tech
Bakal Jadi Saingan Microsoft dan Google, Zoom Berencana Luncurkan Layanan Email