Lifestyle

5 Makanan Ini Bantu Jaga Kulitmu Tetap Sehat

Dwiwa

Posted on September 15th 2021

Memiliki kulit mulus yang sehat tentu menjadi keinginan banyak orang. Berbagai perawatan mahal pun rela dilakukan agar bisa mendapatkan kulit impian. Tetapi terkadang orang sering lupa bahwa apa yang kita makan, sedikit banyak juga akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita.

“Nutrisi sangat memengaruhi semua bagian tubuh, termasuk kulit,” jelas ahli diet kesehatan wanita dan pendiri Flourish Heights Valerie Agyeman, RD seperti dilansir dari thethirty.whowhatwear.

“Perubahan tekstur kulit, warna, kekeringan, suhu, dan penampilan secara keseluruhan adalah di antara tanda-tanda pertama kekurangan nutrisi dan masalah kesehatan lainnya.”

Dia juga menambahkan jika rutinitas diet seimbang dengan berbagai buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk pertumbuhan dan pemulihan. Mendukung proses pertumbuhan dan pemulihan ini adalah kunci super untuk kulit sehat dan ternutrisi.

Namun perlu dicatat bahwa beberapa kondisi kulit seperti jerawat dan kerutan ditentutan oleh genetika. Jadi diet terbaik mungkin tidak berdampak besar pada kondisi itu. Tetapi kondisi kulit lainnya, termasuk jerawat yang disebabkan oleh hormon, eksim, psoriasis, dan rosacea, mungkin lebih dipengaruhi oleh kesehatan usus dan diet.

“Banyak kondisi kulit yang disebabkan peradangan, dan kita tahu beberapa makanan dapat memicu peradangan di tubuh sementara lainnya dapat membantu mengurangi. Kita juga tahu bahwa pilihan diet dan gaya hidup dapat berinteraksi dengan DNA kita untuk memengaruhi kecenderungan terhadap kondisi tertentu,” ujar ahli gizi klinis dan alumni Integrative Nutrition, Dana McNaught, LDN, CNS.

Meski begitu, tidak ada jaminan jika makanan yang kita konsumsi akan memiliki efek besar terhadap kulit. Pendiri Rooted Wellness Sarah Rueven , MS, RDN, CDN, mengatakan jika penampilan kulit sering dikaitkan dengan genetika.

Tetapi mengubah pola makan untuk memasukkan lebih banyak makanan nabati dijamin dapat meningkatkan kesehatan dari dalam dengan mengurangi peradangan, mengurangi stres oksidatif, dan meningkatkan keseimbangan hormon. Semua itu berdampak pada kesehatan kulit.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa kalian konsumsi untuk membantu menjaga kulit tetap sehat.

1. Ikan berlemak

“Ikan berlemak merupakan sumber asam lemak omega 3 yang luar biasa, dimana ini memainkan peran penting dalam fungsi dan penampilan kulitkita dan dapat memengaruhi bagaimana kulit kita merespon peradangan,” ujar Rueven.

Dia menambahkan, asam lemak esensial, ceramide, dan lipid lainnya melapisi satu sama lain untuk memperkuat permukaan kulit kita dan membentuk penghalang lipid. Karena komposisi lipid di kulit kita terkait erat dengan asupan lemak makanan, kalian bisa menambahkan asupan omega 3 dengan mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon, sarden, makarel dan herring.

 

2. Makanan kaya beta-karoten

MCNaught mengatakan jika ubi jalar dan wortel merupakan sumber beta-karoten yang luar biasa, yang merupakan antioksidan lain yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meski tidak bisa menggantikan tabir surya, tetapi dapat mencegah kulit terbakar dan kering.

Ageyman menjelaskan jika tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, antioksidan kuat yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan penuaan dini, mendukung pertumbuhan sel dan merangsang produksi kolagen.

 

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makan berikutnya yang bisa kalian masukkan ke dalam daftar diet adalah kacang dan biji-bijian. Rueven mengatakan jika selain sebagai sumber protein dan serat yang baik, ini juga dilengkapi dengan nutrisi untuk kulit seperti lemak tak jenuh, vitamin E, zinc, dan selenium.

Zinc merupakan mineral yang terlibat dalam proses perbaikan kulit, dan juga berfungsi sebagai antioksidan, membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Sedangkan selenium adalah antioksidan kuat lain yang membantu melindungi dari efek berbahaya yang disebabkan radikal bebas.

Beberapa yang bisa kalian coba adala biji bunga matahari dan labu, kenari dan mentega almond.

 

4. Buah-buahan citrus

Buah-buahan citrus dilengkapi dengan vitamin C yang menurut Agyeman sangat penting untuk produksi kolagen. Ini merupakan protein paling melimpah di tubuh dan memainkan peran penting dalam struktur kulit, tulang, otot, dan jaringan ikat.

Kolagen di kulit merangsang pergantian sel, membantu pemulihan sel, dan mencegah kulit kendur secara keseluruhan, yang semuanya merupakan tanda penuaan. Beberapa di antaranya adalah jeruk nipis, jeurk mandarin dan lemon.

 

5. Sayuran hijau gelap

Selanjutnya kalian juga bsia menambahkan sayuran hijau gelap seperti kale, collard green, bayam dan sawi ke dalam menu diet. Makanan dalam kelompok ini merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang bagus.

“Mereka mengandung antioksidan seperti quercetin yang melindungi kulit dari radikal bebas. Makan berbagai buah dan sayuran yang berwarna-warni akan memberikan berbagai antioksidan untuk melindungi kulit,” ujar McNaught.

Agyeman menambahkan jika mereka juga kaya lutein, antioksidan yang mencegah penuaan dini dengan mengurangi kerusakan sel kulit oksidatif dan UV.(*)

Related Articles
Lifestyle
Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Membantu Enyahkan Lemak Dari Perut Buncit

Lifestyle
Fakta Soal Antioksidan, Zat yang Dipercaya Baik untuk Kesehatan

Lifestyle
Susah Turun Berat Badan? Kebiasaan Buruk Ini Mungkin Jadi Penyebabnya