Tech

Xiaomi Pamerkan Kacamata Pintar dengan Layar MicroLED

Jingga Irawan

Posted on September 15th 2021

Credit: Xiaomi

Menyusul Ray-Ban Stories, Xiaomi juga memamerkan sepasang kacamata pintar yang disebut Xiaomi Smart Glasses. Melansir The Verge, Rabu (15/9), perusahaan tak berencana untuk benar-benar menjualnya, tetapi Xiaomi telah memamerkan banyak fitur canggih apabila perusahaan ingin membuat produk konsepnya siap dijual di masa depan.

Kacamata Xiaomi memiliki faktor bentuk yang relatif konvensional. Tak seperti kacamata Facebook dan Ray-Ban, kacamata tersebut memiliki tampilan yang dapat digunakan untuk fitur AR.

Xiaomi mengatakan kacamatanya dilengkapi dengan MicroLED monokrom dengan kepadatan piksel yang lebih tinggi, lebih awet dan memiliki struktur yang lebih sederhana bila dibandingkan dengan OLED.

Menurut Xiaomi, MicroLED memungkinkan tampilan yang lebih ringkas, serta integrasi layar yang lebih mudah. MicroLED adalah teknologi tampilan self-emissive yang secara luas dipandang sebagai penerus alami OLED. Namun, harganya sangat mahal dan belum digunakan luas untuk produk komersial.

Chip display kacamata Xiaomi seukuran 2,4 mm x 2,02 mm, kira-kira sama seperti ukuran sebulir nasi, dan memiliki kecerahan puncak 2 juta nits. Cahaya yang masuk ke mata juga tak terlalu terang.

Sama seperti Ray-Ban Stories, kacamata tersebut dapat melakukan panggilan telepon, mengirim pesan dan mengambil foto. Xiaomi juga menambahkan fitur seperti navigasi, terjemahan langsung, dan pemberitahuan untuk tampilan.

Xiaomi mengklaim bahwa kacamatanya bahkan dapat mengganti smartphone suatu hari nanti. Kacamata tersebut seperti perangkat android independen yang tak memerlukan koneksi telepon konstan. Ada prosesor Arm quad-core, modul wi-fi dan bluetooth, baterai, dan kamera lima megapiksel di dalamnya. Xiaomi mengatakan kacamata itu hanya memiliki berat 51 gram.

Seperti yang disebutkan di awal, kacamata ini tak akan tersedia untuk umum dan bahkan mungkin tak dijual. Namun, setelah pengumuman Facebook dan tepat sebelum acara pengumuman iPhone oleh Apple, demonstrasi konsep kacamata Xiaomi jelas menandakan bahwa perusahaan sedang unjuk kebolehan teknologinya dan ingin dianggap sebagai pemain di ruang AR seperti yang lain. (*)

 

Related Articles
Tech
Pengawas Data Italia Minta Facebook Klarifikasi Cara Kerja Kacamata Pintarnya

Current Issues
Kacamata Pintar Facebook Bisa Tersandung Masalah Privasi di Eropa

Tech
Facebook Rilis Kacamata Pintar ‘Ray-Ban’, Bisa Dengarkan Musik dan Rekam Video