Interest

20 Destinasi Wisata Telah Dibuka untuk Uji Coba Protokol Kesehatan, Mana Saja?

Dwiwa

Posted on September 14th 2021

Kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan signifikan dalam beberapa hari terakhir. Hal ini membuat pemerintah mulai melakukan uji coba untuk membuka sejumlah sektor non esensial, salah satunya adalah pariwisata.

Dilansir Antara, setidaknya sudah ada 20 destinasi wisata yang telah dibuka kembali untuk uji coba penerapan protokol kesehatan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan jika ini merupakan upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata di masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pembukaan destinasi wisata ini pun akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan aspek kesehatan. Aspek kesehatan ini tidak hanya berfokus pada pengunjung tetapi juga pekerja maupun pengelola usaha di tempat wisata.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menjelaskan jika saat ini ada 20 destinasi wisata yang telah dibuka untuk uji coba protokol kesehatan. Destinasi-destinasi wisata ini sebelumnya telah lolos sertifikasi CHSE protokol kesehatan terkait kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Dalam pelaksanaannya, dia juga mengingatkan agar pengelola mewaspadai kemungkinan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan di destinasi wisata. Pengelola juga harus memperhatikan durasi dalam aktivitas yang ditawarkan, jarak antar pengunjung, dan kegiatan yang mengharuskan orang menyentuh benda.

Selain itu, aplikasi PeduliLindungi digunakan sebagai langkah untuk mengontrol pergerakan masyarakat. Pengelola pun diwajibkan untuk menyiapkan satgas dan berkoordinasi dengan satgas Covid-19 setempat.

“Pengelola sektor parekraf yang terdaftar atau memperoleh QR Code PeduliLindungi saat ini berjumlah 2.264 penerima. Penerima ini terdiri dari usaha bar, kafe, hotel, restoran, resto cepat saji, dan destinasi wisata yang berlokasi di DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Saya harapkan penggunaan aplikasi tersebut diperluas termasuk ke desa wisata,” ujarnya.

Lalu, mana saja 20 destinasi yang sudah dibuka kembali untuk uji coba prokes ini? Destinasi-destinasi tersebut tersebar di wilayah pulau Jawa. Di Jakarta, ada Kampung Budaya Betari Setu Babakan, Taman Mini Indonesia Indah, dan Taman Impian Jaya Ancol.

Di Jawa Barat ada Taman Safari Indonesia, The Lodge Maribaya, Glamping Lake Rancabali, Kawah Putih, Jbound, dan Saung Mang Udjo. Lalu di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ada Grand Maerakaca Taman Mini, TWC Borobudur, Taman Satwa Jurug, TWC Prambanan, Taman Tebing Breksi, Gembira Loka Zoo, dan Hutan Pinus Asri Mangunan.

Kemudian untuk di Jawa Timur, ada Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Hawai Group, serta Maharani Zoo dan Gua.

Kalau kalian, kira-kira destinasi wisata mana nih yang berencana akan dikunjungi? (*)

 

Related Articles
Current Issues
Ini Loh Arti Warna Hasil Skrining Aplikasi Peduli Lindungi Saat Masuk Mal

Current Issues
Pemerintah Rencanakan Perlonggar Prokes Bagi yang Sudah Divaksin

Current Issues
Diperpanjang Lagi Hingga 23 Agustus, Ini Aturan PPKM Level 4 yang Berlaku