Entertainment

Rilis ‘Shang-Chi’ di Tiongkok Belum Jelas, Simu Liu Tenangkan Fans yang Galau

Jingga Irawan

Posted on September 14th 2021

Credit: Screenrant

Bintang Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings Simu Liu menenangkan penggemar Marvel di Tiongkok yang terseret dalam perdebatan tentang perilisan filmnya yang masih belum jelas.

Melansir Screenrant, Selasa (14/9), Simu Liu secara khusus berterima kasih kepada fans Marvel di Tiongkok dan menyebut bahwa penggemarnya di Negeri Panda terus memberi dukungan pada Shang-Chi.

Shang-Chi dipuji di seluruh dunia karena penggambaran yang apik tentang budaya Tiongkok dan Tiongkok-Amerika. Namun penerimaan publik Tiongkok terhadap film tersebut tidak begitu positif. Masalah semakin rumit ketika netizen baru-baru ini menemukan komentar Simu Liu yang blak-blakan mengkritik Pemerintah Tiongkok.

Semua masalah ini memperparah hubungan politik Amerika Serikat dengan Tiongkok yang kurang harmonis dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga, ada kemungkinan yang cukup besar bahwa Shang-Chi akhirnya tak dirilis di negara tersebut.

Dalam sebuah unggahan stories di Instagram, Simu Liu mengatakan bahwa film tersebut mendapat dukungan "dari seluruh belahan dunia, termasuk orang-orang dari Tiongkok!" Dia kemudian mengutuk narasi media yang dilebih-lebihkan, sehingga membuat persaudaraan terlihat saling bertentangan.

“Apa yang sering gagal dilaporkan oleh media barat adalah gelombang dukungan mutlak yang kami terima dari seluruh belahan dunia, termasuk orang-orang dari Tiongkok di sekitar kita. Narasi media mempolarisasi kita dan membuat kita saling bertentangan,” tulis Simu Liu.

“Tapi aku melihat kebaikan dan empati yang dimiliki semua orang. Dan aku tahu bahwa Marvel memiliki penggemar dari seluruh dunia yang tak sabar untuk menonton film Marvel dan membuat sejarah bersama kami.”

“Kalau kalian mencari hal positif atau racun di media sosial, kalian akan menemukannya. Terima kasih untuk semua penggemar Marvel Tiongkok dan di seluruh dunia kami mencintaimu,” imbuhnya.

Simu Liu memang tak asing dengan kontroversi. Sejak perannya sebagai Jung di sitkom Korea-Kanada, Kim's Convenience, aktor ini mendapatkan reputasi karena dengan sungguh-sungguh mengutarakan pikirannya tentang topik yang kontroversial.

Di sisi lain, Simu Liu juga acap kali bersuara di media sosial untuk menyuarakan ketidakadilan yang dihadapi komunitas Asia, terutama sejak munculnya gerakan #StopAsianHate.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings adalah film ke-25 dalam Marvel Cinematic Universe dan merupakan produksi pertama dalam sejarah Marvel Studios yang menampilkan pemeran utama Asia. Film ini mengikuti kisah protagonis Shang-Chi (Simu Liu), saat ia berhubungan kembali dengan ayahnya yang terasing dan penguasa kejahatan abadi, Wenwu (Tony Leung Chiu-Wai).(*)

 

Related Articles
Entertainment
Gara-gara Komentar Kontroversial, ‘Shang-Chi’ Kemungkinan Tak Rilis di Tiongkok

Entertainment
Evolusi 'Shang-Chi': Dari Karakter Komik Terlupakan Jadi Superhero Layar Lebar

Entertainment
Sorry, 'Shang-Chi and and the Legend of the Ten Rings' Hanya Tayang di Bioskop