Interest

Inggris Mulai Uji Coba Tes Darah Terbesar untuk 50 Jenis Kanker

Dwiwa

Posted on September 13th 2021

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) akan memulai uji coba tes darah terbesar di dunia pada Senin. Tes darah yang disebut dengan Galleri ini dapat digunakan untuk mendeteksi lebih dari 50 jenis kanker sebelum gejala muncul.

Dilansir Reuters, tes Galleri ini akan melihat DNA dalam darah pasien untuk menentukan apakah ada yang berasal dari sel kanker. Diagnosis dini  bisa membuat tingkat kelangsungan hidup individu meningkat secara dramatis.

Sebab, ketika kanker didiagnosis pada stadium awal, ada lebih banyak pilihan pengobatan yang bisa dilakukan. Selain itu, peluang untuk sembuh dari kanker juga lebih tinggi.

NHS mengatakan akan merekrut 140.000 relawan di Inggris untuk melihat seberapa baik tes itu bekerja sebagai bagian dari uji coba kontrol secara acak. Setengah dari peserta akan segera diperiksa sampel darahnya dengan tes Galleri.

“Kami perlu mempelajari tes Galleri dengan hati-hati untuk mengetahui apakah tes ini dapat secara signifikan mengurangi jumlah kanker yang didiagnosis pada stadium akhir,” ujar Peter Sasieni, profesor pencegahan kanker di King College London. “Tes ini bisa menjadi game changer untuk deteksi dini kanker dan kami senang bisa memimpin penelitian penting ini.”

NHS mengungkap jika kanker paru-paru merupakan penyebab kematian paling umum akibat kanker, yakni sekitar seperlima dari semua kematian akibat kanker di Inggris. Sementara kanker paru-paru, usus, prostat dan payudara menyumbang 45 persen dari kematian akibat kanker. (*)

 

Related Articles
Interest
Khawatir Memiliki Kanker Kulit? Coba Aplikasi Miiskin Untuk Lakukan Deteksi Dini

Current Issues
World Cancer Day: Yoga dan Ayurveda untuk Merawat Pasien, Kok Bisa?

Entertainment
Ria Irawan Tutup Usia Setelah Berjuang 10 Tahun Lawan Kanker