Lifestyle

6 Penyebab Tubuh Selalu Terasa Capek Meski Nggak Banyak Aktivitas

Mulai dari masalah sepele hingga serius.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 12th 2021

(Ilustrasi: pch.vector/Freepik)

Sering merasa lelah padahal nggak melakukan aktivitas berat? Mungkin ada penyebab tersembunyi yang selama ini gak kamu sadari. Nih, simak beberapa kemungkinan alasan kamu selalu capek tanpa sebab.

Asupan makanan

Dilansir dari Psychology Today, makanan sangat berdampak pada stok energi kita. Jelas kalau kita nggak makan atau makan terlalu sedikit kita akan merasa lelah. Nah, buat kamu yang sedang diet, perlu diingat bahwa diet itu tidak selalu mengurangi porsi melainkan mengatur nutrisi yang kita konsumsi.

Makan terlalu sedikit atau terlalu banyak karbohidrat juga bisa berdampak pada energi kita. Kalau terbiasa gak sarapan, mulai deh sarapan. Nah, kelebihan karbohidrat di sini bisa berasal dari camilan tinggi karbohidrat seperti keripik kentang atau yang manis-manis. Ini karena tubuh kita dengan cepat mengubah keripik jadi gula sehingga energi terdorong di awal, tapi dengan cepat menurun.

Tidur tidak teratur

Nggak teratur di sini bukan masalah sehari tidur terus besoknya enggak. Namun, keteraturan tidur juga bisa dilihat dari jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya. Kalau kita tidur dan bangun di jam yang berbeda-beda setiap hari, ini bisa bikin kita kelelahan lho.

Tidur dalam kondisi berisik

Meski kita gak sadar, sebenarnya suara bising tetap dikenali selama kita tidur. Mendengar suara-suara ini bikin tidur kita berada di level dangkal, nggak cukup dalam untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. Suara bising ini gak harus keras, bahkan suara mendengkur orang lain atau dengungan peralatan juga bisa mengganggu tidur.

Kurang gerak

Bagi kaum mageran, kabar buruk. Mungkin kurangnya olahraga jadi alasan kamu selalu capek dan gak berenergi. Nggak harus olahraga berat kok. Bisa mulai dengan berjalan-jalan sejenak aja. Itu sudah bisa meningkatkan kadar energi kita. Kalau bisa melakukan lebih, bagus banget!

Stres

Dilansir dari Healthline, stres kronis mengakibatkan lonjakan kortisol dan adrenalin yang bikin tubuh kita siaga menghadapi ancaman. Nah, ini yang bikin kita kelelahan kalau kadarnya melewati normal. Kamu bisa coba latihan meditasi atau pernafasan untuk membantu menurunkan stres.

Gangguan kesehatan lainnya

Cukup banyak kondisi kesehatan yang bikin tidur kita terganggu sehingga berdampak pada kelelahan terus-menerus. Misalnya kondisi sleep apnea atau berhentinya pernafasan saat tidur. Ini mengurangi oksigen yang kita perlukan saat tidur sehingga tubuh menjadi lelah saat pagi hari. Kondisi ini harus dikonsultasikan karena bisa berdampak fatal.

Chornic fatigue syndrome juga bisa jadi alasan kita lelah berkepanjangan. Namun, penyebabnya masih belum jelas dan harus didiagnosis oleh dokter. Diabetes juga bisa jadi alasan selalu lelah karena saat gula darah tinggi berdampak pada konsentrasi dan bikin kita merasa sensitif dan lelah.

Nah, itu dia sederet kemungkinan penyebab di balik kelelahan tanpa alasan. Kalau kamu sangat sering merasakan kondisi tersebut, segera konsultasi ke dokter ya! (*)

Related Articles
Lifestyle
Nocturnal Panic Attack, Serangan Panik yang Bikin Ketakutan dan Tidur Terganggu

Lifestyle
Suka Sakit Kepala Habis Bangun Tidur? Perhatikan Kamu Tidur Seberapa Lama

Lifestyle
Sering Merasa Haus Atau Anxious ? Mungkin Kamu Perlu Tidur Lebih Lama