Interest

Peneliti Temukan Spesies Dinosaurus Baru, 5 Kali Lebih Besar dari T-Rex

Jingga Irawan

Posted on September 11th 2021

Credit: People

Sekelompok peneliti dari University of Calgary Kanada baru saja mengidentifikasi spesies dinosaurus raksasa baru bernama Ulughbegasaurus. Melansir People, Sabtu (11/9), spesies tersebut dipercaya menjelajahi bumi sebagai predator puncak 90 juta tahun yang lalu.

Para peneliti mampu mengidentifikasi spesies baru, yang lima kali lebih besar dari T-Rex, melalui fosil rahang dinosaurus. Fosil tersebut kemungkinan pertama kali ditemukan oleh ahli paleontologi Rusia selama penggalian pada 1980-an.

Fosil itu kemudian menarik perhatian peneliti dari University of Calgary, Dr. Kohei Tanaka dan Darla Zelenitsky. Setelah Tanaka awalnya mengidentifikasi fosil dari Ulughbegasaurus pada 2019, kedua ilmuwan itu mencari bagian lain dari predator dan menemukan rahang yang sebelumnya digali. Setelah menggunakan pemodelan 3-D untuk menghubungkan fosil gigi dengan rahang, mereka mampu mengidentifikasi spesies baru.

Menurut Darla Zelenitsky, Ulughbegasaurus begitu besar sehingga mereka kemungkinan mampu mengalahkan Tyrannosaurus dan jelas merupakan predator puncak yang lebih ganas.

"Hilangnya (Ulughbegasaurus) memungkinkan spesies tyrannosaurus menjadi predator puncak di Asia dan Amerika Utara sekitar 80 hingga 90 juta tahun yang lalu, yang bertahan dalam bentuk besar seperti Albertosaurus, Gorgosaurus, dan T-Rex,” jelas Darla Zelenitsky.

Para ilmuwan mengklaim bahwa mereka kaget bukan main saat baru saja mengidentifikasi predator sebesar itu, dan menyebut penemuan tersebut sebagai sesuatu yang sangat menarik.

Para peneliti menemukan bahwa dinosaurus itu memiliki panjang antara 7,5 hingga 8 meter dan kemungkinan beratnya lebih dari 1.000 kilogram. Menurut para peneliti, pada saat Ulughbegasaurus menjelajahi bumi, T-Rex tak sepenuhnya berevolusi dan jauh lebih kecil dengan berat kurang dari 200 kilogram.

Untuk lebih sederhana membandingkan kedua spesies tersebut, Darla Zelenitsky mengibaratkan Ulughbegasaurus seperti beruang grizzly, sementara T-Rex adalah seekor anjing hutan.

Zelenitsky juga mencatat perbedaan dalam kebiasaan makan kedua dinosaurus tersebut, bahwa Ulughbegasaurus memiliki gigitan menyayat dengan gigi seperti pisau, sedangkan rahang T-Rex lebih untuk menghancurkan tulang.

Ulughbegasaurus menghilang sekitar 89 juta tahun yang lalu, dan para ilmuwan masih mencari tahu penyebabnya.(*)

Related Articles
Current Issues
Thanatos, Dinosaurus Baru Anggota Keluarga T-Rex Ditemukan Ilmuwan Kanada

Interest
Nenek Moyang Dinosaurus Mungkin Berukuran “Kecil”

Interest
Limbo Generation, Komik yang Gambarkan Kegelisahan Gen Millenial akan Pandemi