Esports

Apple Menangkan Gugatan, Epic Games Harus Ganti Rugi Sebesar USD 3,5 Juta

Ridho

Posted on September 11th 2021

Kisruh sengketa hukum antara Apple dan Epic Games (Fortnite) telah mencapai titik terang. Melansir Dexerto, Apple dikabarkan telah memenangkan gugatan atas Epic Games. Namun, gugatan tersebut memberikan dampak bagi kedua belah pihak. Nantinya, Epic Games harus mengubah kebijakan pembelian dalam aplikasinya, serta memberi pengembang lebih banyak kekuatan di platform iOS.

Kasus hukum Epic Games dan Apple telah berlangsung selama lebih dari setahun. Pencipta Fortnite menantang pembatasan yang diusulkan Apple pada aplikasi yang memiliki opsi pembayaran di luar yang ditawarkan di App Store. Fortnite sendiri melakukan langkah itu untuk menghindari pemotongan pendapatan 30 persen yang dilakukan Apple pada setiap pembelian yang dilakukan di App Store.

Hakim Yvonne Gonzalez Rogers menemukan Epic Games melanggar kontrak mereka dengan Apple setelah mereka menerapkan sistem pembelian dalam aplikasi mereka sendiri. Sehingga, memaksa pengembang membayar kembali 30 persen dari pendapatan mereka.

Namun, Rogers juga mengeluarkan perintah permanen yang memberlakukan pembatasan baru pada aturan App Store. Pada dasarnya, semua aplikasi harus mengizinkan pengembang untuk mengarahkan pengguna ke opsi pembayaran alternatif.

Putusan itu berlaku pada 9 Desember, namun masih ada kesempatan untuk ditentang dan ditolak di pengadilan yang lebih tinggi. Putusan tersebut dianggap paling signifikan dari gugatan. Beberapa pihak pun menilai keputusan itu sebagai kemenangan besar bagi Apple. Sebab, dengan putusan itu berarti Epic Games -pengembang Fortnite- harus membayar kerugian sekitar USD 3,5 juta ke Apple.

CEO Epic Games, Tim Sweeney, mengklaim pertarungan dengan Apple belum berakhir. Ia menilai keputusan itu bukanlah kemenangan bagi pengembang atau konsumen. Ia bersumpah akan terus berjuang.(*)

Related Articles
Hobi
Klimaks Konflik Apple vs Epic Games: Fortnite Dihapus dari App Store

Tech
Konflik Epic Games vs Apple Bisa Berdampak pada Bisnis Game Konsol

Tech
Epic Games: Pemain Fortnite Menurun 60% Pasca Game-nya Dihapus dari App Store