Entertainment

Gara-gara Komentar Kontroversial, ‘Shang-Chi’ Kemungkinan Tak Rilis di Tiongkok

Jingga Irawan

Posted on September 11th 2021

Credit: Screenrant

Tiongkok menjadi salah satu pasar box-office terbesar di dunia. Tentunya, setiap studio sangat membutuhkan akses ke penonton Negeri Panda tersebut. Namun mendapatkan izin untuk merilis film di negara tersebut tampaknya semakin sulit.

Menurut laporan Screenrant, Sabtu (11/9), Shang Chi and the Legend of the Ten Rings kemungkinan tak dirilis di Tiongkok. Penyebabnya karena mencuatnya komentar dari bintang utama film, Simu Liu, beberapa tahun yang lalu.

Komentar tersebut muncul pada 2017, selama wawancara dengan CBC. Di mana Simu Liu berbicara tentang orang tuanya yang memberi tahunya mengenai hidup dalam masyarakat Komunis. Secara khusus, Simu Liu menyebut Tiongkok sebagai negara "dunia ketiga" dan mengklaim bahwa orang-orang di sana "sekarat karena kelaparan."

Penggunaan terms “negara dunia ketiga” mencuat pada era Perang Dingin. Penyebutan tersebut diberikan kepada negara-negara yang tak memihak kepada NATO atau sepaham dengan kapitalisme AS. Namun, label “negara dunia ketiga” terkadang juga digunakan pada negara yang baru memasuki dunia industri. Dan sering kali dipakai untuk menyebut negara yang tak makmur serta kesulitan perekonomian.

Situasi yang dialami Shang-Chi mirip dengan apa yang terjadi dengan film Marvel mendatang lainnya, Eternals, dan menimpa sutradaranya Chloe Zhao. Mirip dengan Liu, Zhao juga memiliki beberapa komentar lama tentang Tiongkok, yang membuat film pemenang Oscarnya, Nomadland, tak dirilis di Tiongkok. Nasib serupa kemungkinan akan terjadi pada Eternals juga.

Film terakhir yang berhasil masuk ke bioskop Tiongkok adalah Free Guy, yang mencatat rekor mengagumkan di pasar. Sementara itu rilisan teater Marvel terakhir, Black Widow, masih belum diluncurkan di Tiongkok dan sepertinya semakin kecil kemungkinannya.

Tugas sulit dari sekian banyak studio adalah untuk memastikan tak ada hal kontroversial yang mungkin cukup membuat ngamuk pemerintah Tiongkok sehingga mereka memblokir film tersebut. Namun kondisi tersebut juga tak bisa dicegah ketika begitu banyak sosok kreatif memiliki pendapat pribadi kuat tentang bangsa.(*)

Related Articles
Entertainment
Sorry, 'Shang-Chi and and the Legend of the Ten Rings' Hanya Tayang di Bioskop

Entertainment
Lebih Kuat dari Mjölnir, Marvel CU Kenalkan Tiga Senjata Baru di Phase 4

Entertainment
Rilis ‘Shang-Chi’ di Tiongkok Belum Jelas, Simu Liu Tenangkan Fans yang Galau