Tech

Pengawas Data Italia Minta Facebook Klarifikasi Cara Kerja Kacamata Pintarnya

Jingga Irawan

Posted on September 11th 2021

Credit: Ray-Ban

Semakin tinggi inovasi dan teknologi dihasilkan, semakin besar pula kewaspadaan terhadap keamanan data. Dilansir Reuters, Sabtu (11/9), Otoritas perlindungan data Italia mengatakan bahwa pihaknya telah meminta Facebook untuk memberikan klarifikasi atas kacamata pintar yang baru diluncurkan untuk menilai apakah produk tersebut sesuai dengan undang-undang privasi.

Dibuat dalam kemitraan bersama perusahaan induk Ray-Ban, EssilorLuxottica, kacamata pintar Facebook memungkinkan pemakainya untuk mendengarkan musik, menerima panggilan, mengambil foto dan video pendek dan membagikannya ke seluruh layanan Facebook menggunakan aplikasi pendamping.

Pengawas Italia, Garante, mengatakan telah meminta komisaris perlindungan data Irlandia, yang memimpin pengawasan Facebook karena kantor pusat perusahaan media sosial Eropa berbasis di Irlandia, untuk meminta klarifikasi dari Facebook.

Pihak berwenang Italia khususnya ingin diberi tahu tentang langkah-langkah yang telah dilakukan Facebook untuk melindungi orang yang kadang-kadang atau bahkan tak sengaja difilmkan, khususnya anak-anak, serta pada sistem yang diadopsi untuk membuat data yang dikumpulkan menjadi anonim dan fitur asisten suara yang terhubung ke kacamata.

"Kami tahu orang-orang memiliki pertanyaan tentang teknologi baru, jadi sebelum peluncuran Ray-Ban Stories kami terlibat dengan DPC Irlandia untuk berbagi bagaimana kami membangun privasi ke dalam desain produk dan fungsionalitas kacamata untuk memberikan pemilik perangkat dan orang-orang di sekitar mereka keamanan," kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan menjawab pertanyaan dari Garante melalui DPC Irlandia dan kami menantikan kolaborasi berkelanjutan kami dengan lembaga pengawas di Eropa," tambah juru bicara itu.

Kacamata Ray-Ban Stories dijual mulai dari harga USD 299 (Rp 4,26 juta) yang tersedia di AS, Inggris, Australia, Kanada, Irlandia dan Italia. Untuk mengoperasikannya, kacamata tersebut juga dilengkapi dengan voice asisstant, tombol fisik dan penanda LED putih onboard yang akan menyala untuk menunjukkan kepada orang-orang di sekitar bahwa pemakainya sedang merekam video.(*)

Related Articles
Tech
Facebook Rilis Kacamata Pintar ‘Ray-Ban’, Bisa Dengarkan Musik dan Rekam Video

Current Issues
Kacamata Pintar Facebook Bisa Tersandung Masalah Privasi di Eropa

Tech
Xiaomi Pamerkan Kacamata Pintar dengan Layar MicroLED