Tech

Makin Komplit, Aplikasi Gmail Bakal Bisa Buat Telpon dan Panggilan Video

Dwiwa

Posted on September 10th 2021

(Google via The Verge)

Tampaknya Google akan segera berubah menjadi aplikasi komunikasi lengkap daripada hanya sekadar bertukar pesan. Menurut The Verge, Google telah menambahkan lebih banyak fitur Workspace, termasuk menambahkan fitur panggilan via Google Meet di aplikasi mobile Gmail.

Ketika fitur diluncurkan dan diaktifkan, aplikasi Gmail kalian akan dapat melakukan panggilan seperti aplikasi VOIP lainnya (selain dapat bergabung rapat dengan Google Meet). Google mengatakan aplikasi Meet mandiri akan mendapatkan kemampuan yang sama untuk melakukan panggilan di masa depan.

Untuk dapat melakukan panggilan lewat Gmail pun sangat mudah. Kalian akan menemukan ikon kamera untuk melakukan panggilan video ataupun gagang telepon untuk panggilan suara pada obrolan pribadi dalam aplikasi.

Saat salah satu ikon diklik, kalian akan langsung diarahkan ke jendela Google Meet untuk menghubungi kontak yang dimaksud. Jadi, kalian tidak lagi harus repot membuka meeting room dan membagikan tautan di dalam Google Meet kepada teman, keluarga atau pun rekan kerja saat akan melakukan komunikasi one-on-one.

Perubahan lain dari Workspace termasuk desain ulang Gmail yang membuatnya menjadi pusat aktivitas lain. Kalian akan menemukan Google “Space” yang merupakan rebranding dari “Rooms”, produk serupa Slack yang menawarkan obrolan grup. Dengan penggantian nama ini, Google mempermudah pencarian Spaces pada perusahaan dan menambahkan pesan berulir lengkap. Seperti aplikasi obrolan grup lain, utas akan muncul pada kolom tambahan di sisi kanan.

Dilansir dari Engadget, penyesuaian lain termasuk opsi untuk menentukan apakah kalian sedang di kantor atau work from home (WFH) pada hari tertentu dan mode Pendamping untuk Meet yang memungkinkan meenggunakan perangkat keras audiovisual ruang konferensi.

Dengan hadirnya berbagai fitur baru, Gmail saat ini sudah bisa dibilang setara dengan Microsoft Outlook. Outlook merupakan hub Microsoft untuk berbagai layanan seperti email, kalender, dan kontak. Begitu juga dengan Gmail saat ini yang bisa untuk email, obrolan satu lawan satu, obrolan grup, koferensi video, dan terbaru panggilan.

Pembaruan ini akan dilakukan secara bertahap dan tentu menjadi berita bagus bagi perusahaan maupun konsumen yang aktif menggunakan berbagai aplikasi Workspace. Tetapi bagi yang hanya menginginkan Gmail menjadi aplikasi email, tampaknya akan sulit untuk mempertahankannya.(*)

Artikel Terkait
Tech
Google Bakal Punya Dua Aplikasi Bernama Meet

Tech
Ini 5 Alasan Mengapa Banyak CEO Raksasa Teknologi AS Keturunan India

Tech
BMW Memperkenalkan Mobil yang Bisa Berubah Warna