Tech

Porsche Pamer Mobil Balap Listrik Mission R, Terinsipirasi dari Esports

Jingga Irawan

Posted on September 10th 2021

Credit: Porsche

Porsche memamerkan produknya yang terinspirasi dari dunia esports. Melansir The Verge, Jumat (10/9), Porsche Mission R all-electric pertama kali diperkenalkan pada konferensi IAA Mobility 2021 di Munich dan perusahaan meyakini mobil tersebut sebagai masa depan motorsport.

Menurut Porsche, Mission R dirancang untuk menciptakan cara baru bagi penggemar dan pengemudi untuk berinteraksi. Mobil ini sebagian besar memiliki atap kaca. Mengingatkan konsumen EV pada Tesla Model 3 atau Taycan, sehingga pengemudi dapat dilihat dari atas selama keseluruhan balapan.

Di dalamnya terdapat kamera yang terpasang untuk helm pengemudi, kamera bergerak di pilar A mobil, dan kamera dasbor menghadap ke belakang, sehingga penggemar dapat melihat lebih dekat. Porsche mengklaim roda kemudinya terinspirasi dari rig gaming yang memiliki sensor biometrik built-in untuk melacak tanda-tanda vital pengemudi, dan mobil ini juga dilengkapi dengan "tombol Livestream" khusus.

Credit: Porsche

"Studi konsep adalah visi kami untuk semua pelanggan motorsport listrik," kata Oliver Blume, ketua Dewan Eksekutif Porsche AG. “Mission R mewujudkan segala sesuatu yang membuat Porsche kuat: performa, desain, dan keberlanjutan.”

Porsche mengatakan Mission R dapat melaju dari nol hingga 100 km/jam (sekitar 62mph) dalam 2,5 detik, dengan kecepatan maksimal lebih dari 300 km/jam (sekitar 186mph) berkat motor listrik. Ia juga memiliki daya hingga 320kW di gandar depan dan satu dengan daya maksimum 480kW di belakang.

Credit: Porsche

Baterai yang digunakan Mission R  berdaya 80 kWh dengan teknologi pengisian daya 900 volt Porsche Turbo Charging. Teknologi ini memungkinkan baterai terisi 5 hingga 80 persen dalam 15 menit.

Sebagai anak perusahaan dari Grup Volkswagen, Porsche berpartisipasi dalam dorongan perusahaan untuk beralih ke mobil listrik secara menyeluruh.

Mission R adalah upaya profesional kelas atas yang dilakukan perusahaan. Porsche sebelumnya juga memiliki jagoan mobil kelas atas lainnya seperti Taycan. Ketika balapan dibatalkan karena Pandemi Covid-19, semua balapan beralih ke sesi virtual, dengan pembalap yang sama. Mission R  adalah inovasi baru perusahaan untuk mengatasi hal serupa di masa depan.(*)

Related Articles
Tech
Siap Saingi Apple dan Tesla, Baidu dan Geely Kolaborasi Luncurkan Mobil Listrik

Tech
Lampaui Toyota, Tesla Kini Perusahaan Otomotif dengan Nilai Valuasi Tertinggi

Tech
Kerennya Interior ID.4, Mobil Listrik Milik Volkswagen