Tech

Twitter Mulai Uji Coba Fitur Pemberian Label untuk Akun Bot

Jingga Irawan

Posted on September 10th 2021

Credit: Twitter

Twitter tak hanya dipenuhi oleh akun individu atau roleplayer (RP), melainkan juga akun bot, dan terkadang sebagai pemilik akun individu kita nggak bisa bedain mana akun bot dan bukan.

Menurut laporan Gizmodo, Jumat (10/9), Twitter mengumumkan akan mulai menguji label untuk beberapa akun otomatis —lebih dikenal sebagai bot Twitter— untuk memungkinkan pengguna menentukan mana yang bermanfaat, dan mana yang harus ditendang ke tepi jalan.

Ketika sebagian besar dari kita mendengar kata "bot", kita mungkin langsung berpikir bahwa akun tersebut ingin menabur perselisihan politik. Tetapi, ada banyak bot di Twitter dengan tujuan yang baik juga. Ada bot yang mengingatkan kita untuk selalu menjaga diri seperti @Tinycarebot, atau akun bot yang suka retweet postingan serba kucing, yakni @CatBot5000.

Pada 2018, Twitter memberantas ratusan ribu bot sebagai agenda untuk menghilangkan akun spam berbahaya dan manipulasi online. Tetapi, banyak akun bot bermanfaat di antaranya juga ikut tersapu kebijakan tersebut.

Kabar baiknya, label baru ini dapat membantu mencegah penghapusan terjadi lagi. Menurut Twitter, sejumlah kecil pengembang akan diundang untuk menerapkan label ke akun mereka. Untuk akun dalam pengujian yang telah mengaktifkan label, label "Automated" akan muncul di halaman profil dan di tweet itu sendiri. Twitter mengatakan semua pengembang akan dapat menggunakan label pada akhir tahun.

Dalam pengumuman website yang menjelaskan soal label baru, Twitter menggambarkan jenis akun otomatis, yang mungkin kita lihat sejak awal, sebagai bot yang mungkin membantu menemukan tempat vaksin, atau bot yang memberi peringatan bencana ketika badai mungkin berada di lokasi terdekat kita.

“Ketika akun ini memberi tahu kita bahwa mereka otomatis, kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tujuannya saat kita berinteraksi dengan mereka,” kata Twitter. (*)

Related Articles
Tech
Facebook dan Twitter Amankan Akun Pengguna Afghanistan di Tengah Gejolak Taliban

Tech
Twitter Bakal Izinkan Pengguna Sembunyikan Tweet Lamanya

Tech
Twitter Lempar Wacana Aneka Pengaturan Privasi, Termasuk Fitur Sembunyikan Akun