Current Issues

Di AS, Tolak Pakai Masker di Pesawat Bisa Kena Denda Rp 42,6 Juta

Jingga Irawan

Posted on September 10th 2021

Credit: The Verge

Tak ingin kena denda puluhan juta? Jangan coba-coba menolak pakai masker di pesawat. Melansir The Verge, Jumat (10/9), Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat (TSA) menggandakan hukuman perdata bagi warga yang menolak untuk mematuhi aturan penggunaan masker pada maskapai penerbangan komersial, di bandara, dan transportasi umum tertentu, seperti kereta api atau bus antar-kota.

Pelanggar pertama kali akan didenda USD 500-1.000 (Rp 7,1 juta‐14 juta) naik dari denda sebelumnya yang hanya USD 250. Pelanggar kedua bisa dikenakan denda USD 1.000-3.000 (Rp 14 juta‐42,6 juta). Aturan tersebut berlaku mulai 10 September.

“Mengenakan masker melindungi masyarakat yang bepergian dan semua staff yang membuat pengalaman perjalanan aman, terlindungi, dan nyaman,” kata Sekretaris Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas dalam sebuah pernyataan.

“Kami akan terus menegakkan mandat masker selama diperlukan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat.”

Sehari setelah menjabat, Presiden Joe Biden mengeluarkan perintah eksekutif yang mewajibkan masker untuk dikenakan saat bepergian dengan pesawat terbang, bus, atau kereta api. Berbeda dari pendahulunya Donald Trump, yang secara aktif memblokir Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit karena mengeluarkan perintah serupa pada tahun 2020.

Mandat itu sebenarnya telah berakhir pada September 2021, tetapi TSA hari ini memperpanjangnya hingga 18 Januari 2022.

Penegakan mandat masker secara umum difokuskan pada maskapai, karena mencatat peningkatan tajam penumpang nakal sejak penerbangan dilanjutkan setelah lockdown. Sepanjang tahun ini, FAA mendapat 4.184 laporan penumpang nakal. Pemimpin serikat pramugari Sara Nelson baru-baru ini mengatakan bahwa situasi dalam menghadapi penumpang yang berperilaku buruk di pesawat "benar-benar gila."(*)

Related Articles
Current Issues
Berencana Naik Pesawat? Pilih Nomor Kursi Ini Agar Tak Tertular Covid-19

Current Issues
Direktur CDC: Semua Pakai Masker Selama 12 Minggu, Pandemi Bisa Dikendalikan

Current Issues
Tambahkan Face Shield di Atas Masker untuk Melindungi dari Covid-19