Current Issues

Jangan Lupa 5 SIAP untuk Hadapi Pembelajaran Tatap Muka

Dwiwa

Posted on September 9th 2021

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia telah mengalami penurunan cukup signifikan dalam beberapa minggu terakhir. Hal ini membuat pemerintah melakukan sejumlah pelonggaran pembatasan, termasuk kembali memperbolehkan pembelajaran tatap muka di sejumlah daerah.

Tetapi tentu saja kembalinya pembelajaran tatap muka ini harus dibarengi dengan sejumlah persyaratan ketat. Selain itu, sejumlah persiapan juga harus dilakukan agar selama pembelajaran kondisi bisa tetap aman terkendali untuk semua orang. Salah satunya dengan menerapkan 5 SIAP.

Dilansir Antara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Anak Bintang Puspayoga mengatakan 5 SIAP ini perlu diterapkan agar dapat melindungi anak dari risiko tertular virus corona baru.

Menurutnya, banyak pihak berperan dalam kembalinya proses belajar mengajar tatap muka yang optimal dan aman bagi anak-anak. Itu termasuk orang tua, tenaga pendidik, sekolah, pemerintah daerah, serta masyarakat.

Pihak-pihak tersebut juga harus memastikan jika konsep 5 SIAP memang sudah diterapkan dengan baik. Itu mencakup SIAP Anak, SIAP Keluarga, SIAP Satuan Pendidikan, SIAP Infrastruktur, dan SIAP Pemda dan Masyarakat.

Dalam SIAP Anak, hal yang penting adalah anak harus sudah memahi dan mematuhi protokol kesehatan dengan baik. SIAP Keluarga artinya orang tua/pengasuh telah menyiapkan dan memberikan pemahaman pada anak sehingga dapat menerapkan protokol kesehatan. SIAP Satuan Pendidikan artinya satuan pendidikan siap menjalankan protokol kesehatan di skeolah/satuan pendidikan.

Kemudian SIAP Infrastruktur berarti sarana dan prasarana (rute aman selamat sekolah), transportasi umum sudah memenuhi protokol kesehatan. Sementara SIAP Pemda dan Masyarakat artinya semua pemimpin daerah dan masyarakat siap mendukung dan mengawal pembukaan kembali sekolah.

“Jika 1-5 belum siap maka PTM harus ditunda,” ujar Bintang.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah selalu mengingatkan anak-anak untuk tidak melepas masker ketika berada di sekolah dan menjaga jarak saat menggunakan transportasi umum. Selain itu, ingatkan juga agar mereka tidak memegang benda dalam kendaraan umum, segera mencuci tangan ketika sampai di tempat tujuan dan saat akan masuk kelas, serta jaga jarak dengan teman, guru, serta warga sekolah lain.

Untuk orang tua, usahakan untuk selalu membawakan bekal makanan dari rumah dan mengingatkan anak-anak untuk tidak membeli jajanan lain atau membagi makanannya dengan orang lain. Kemudian ketika sampai rumah diingatkan segera mengganti baju dan jangan lupa untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Lalu ketika berada di sekolah, guru juga harus mengingatkan agar siswa tidak bermain di luar kelas, segera masuk kelas, jaga jarak tempat duduk dengan siswa lain sejauh satu meter, tidak mondar-mandir di kelas serta tidak berbagi peralatan dengan orang lain.

Sekolah juga diimbau agar tidak memberikan jam istirahat. Begitu kelas selesai, siswa juga harus diingatkan untuk cuci tangan dengan sabun di air mengalir dan diminta segera pulang ke rumah masing-masing.

Jadi, kalian sudah siap untuk kembali ke sekolah? (*)

Related Articles
Current Issues
Antisipasi Klaster Sekolah, Yuk Ingat Kembali Persiapan Saat PTM

Current Issues
Pastikan 7 Hal Ini Saat Kalian Akan Kembali ke Sekolah

Current Issues
Waduh, Jaga Jarak 1,8 Meter di Ruangan Tak Lagi Efektif Cegah Covid-19?