Tech

Twitter Luncurkan Fitur ‘Communities’, Grup dengan Minat Tertentu Mirip Facebook

Jingga Irawan

Posted on September 9th 2021

Credit: Twitter

Setiap orang tentu punya minat yang berbeda. Ada yang hobi bahas skincare, ada yang suka ngomongin ruang angkasa, ada juga yang doyan bagi-bagi resep makanan. Tapi terkadang, nggak semua orang terdekat kita atau teman di media sosial punya minat yang serupa.

Dilansir The Verge pada Kamis (9/9), Twitter meluncurkan Communities, mirip seperti grup yang ada di Facebook dan Reddit. Jadi, pengguna bisa bikin tweet berisi pembahasan tertentu dengan orang lain yang punya minat serupa dengan kita.

Mulai Rabu (8/9), pengguna Twitter sudah bisa bergabung ke kumpulan awal Communities, mencakup #AstroTwitter, #DogTwitter, #SkincareTwitter, dan #SoleFood. Setelah bergabung dengan Communities, pengguna dapat men-tweet langsung ke kelompok tersebut, bukan followers. Jadi, hanya anggota Communities yang dapat menyukai atau membalas tweet yang dikirim oleh anggota lain.

Gif: Twitter

Mirip dengan cara kerja grup di Facebook dan Reddit, setiap Communities Twitter memiliki moderatornya sendiri. Fungsi moderator adalah menetapkan aturan dan mengundang atau menghapus orang. Pertama-tama, Twitter mengundang segelintir pengguna untuk membuat Communities awal dan akan mengizinkan siapa pun mendaftar untuk membuat Communities mereka sendiri.

“Communities hanya mengundang saja untuk saat ini, tetapi kami sedang mengupayakan cara agar orang-orang dapat menemukan dan bergabung dengan Komunitas yang mereka inginkan untuk menjadi bagiannya,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Twitter meluncurkan fitur tersebut dengan pertimbangan banyak penggunanya telah lama membentuk kelompok khusus di sekitar minat tertentu, seperti hewan, media, traveling, hingga kripto. Twitter rencananya akan menempatkan Communities di sorot navigasi utama aplikasi selulernya.

Bagi pengguna iOS, Communities dapat diakses melalui tab di bilah navigasi, sementara pengguna di web akan melihat tab Communities di sisi bilah. Sedangkan pengguna Android masih hanya dapat membaca tweet Communities untuk saat ini, namun fungsionalitas tambahan akan "segera hadir," kata Twitter. (*)

Related Articles
Tech
Twitter Bakal Izinkan Pengguna Sembunyikan Tweet Lamanya

Tech
Twitter Uji Coba Safety Mode, Tweet Kasar Langsung Kena Blokir

Tech
Nigeria Bakal Cabut Pemblokiran Twitter Sebelum Akhir Tahun