Tech

Hari Pertama El Salvador Adopsi Kripto, Harga Bitcoin Malah Anjlok

Jingga Irawan

Posted on September 8th 2021

 Credit: Getty Images

Bitcoin telah menjadi mata uang resmi di El Salvador mulai kemarin, namun pasar crypto tampaknya sedang drop. Melansir The Verge pada Selasa (7/9), pergerakan di Coinbase mencatat harga Bitcoin turun drastis dari sekitar USD 50.000 menjadi di bawah USD 43.000. Ditambah lagi, aplikasi Bitcoin resmi negara belum mampu mengimbanginya.

CNBC melaporkan bahwa aplikasi crypto resmi El Salvador, Chivo, tak tersedia untuk diunduh oleh pengguna baru. Presiden El Salvador Nayib Bukele mengumumkan bahwa aplikasi tersebut akan dibuka kembali untuk pendaftaran, meskipun ia menyebut waktu aktif baru sebagai pengujian.

Platform besar seperti Coinbase dan Kraken juga melaporkan alami beberapa masalah dengan pembayaran dan transaksi yang tak berjalan atau mengalami pending. Namun tak semuanya, Cash App melaporkan tak ada masalah dengan layanan Bitcoin-nya, dan Robinhood juga tak melaporkan masalah dalam memperdagangkan aset kripto.

El Salvador mengeluarkan resolusi untuk mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang resmi pada bulan Juni. Presiden Bukele selama ini telah memperjuangkan Bitcoin mati-matian, meskipun itu tak akan menjadi satu-satunya mata uang negara. El Salvador masih akan terus menggunakan Dollar AS untuk transaksi.

Berbagai vendor di El Salvador, seperti McDonald's dan Panda Express, juga telah mulai menerima pembayaran menggunakan Bitcoin seiring dengan berlakunya Undang-Undang.

Pemerintah El Salvador berpendapat bahwa Bitcoin akan membantu warga yang tak memiliki akses ke perbankan tradisional, yang sering mengirim dan menerima uang dari keluarga di Amerika Serikat.

Rencana tersebut memicu beberapa reaksi yang signifikan di dalam negeri. Ratusan pensiunan dan veteran telah protes terkait dengan pembayaran pensiun. Aksi mereka didukung serikat pekerja. Demonstran telah mengutip kekhawatiran tentang harga Bitcoin yang berpotensi tak stabil dan dampaknya dapat memengaruhi penggunaan sebagai mata uang sehari-hari.

Sebagai tanggapan atas protes, Presiden Nayib Bukele mengatakan bahwa warga negara bebas untuk terus menggunakan dolar AS jika mereka tak ingin menggunakan cryptocurrency.(*)

 

Related Articles
Current Issues
Mayoritas Warga El Salvador Tak Setuju Pakai Bitcoin

Tech
Jaringan Bioskop AS AMC Theaters Akan Terima Bitcoin untuk Pembayaran Tiket Film

Tech
Bos Twitter Bakal Bikin ‘Dompet’ Fisik Khusus untuk Bitcoin