Current Issues

Studi: Booster Vaksin Sinovac Tingkatkan Antibodi Melawan Varian Delta

Dwiwa

Posted on September 7th 2021

(Reuters)

Kehadiran varian Delta yang lebih menular telah membuat kekhawatiran tentang efektivitas vaksin Tiongkok bermunculan, salah satunya Sinovac yang digunakan di Indonesia. Tetapi sebuah studi baru menunjukkan jika pemberian booster vaksin Sinovac dapat memperkuat antibodi melawan Delta.

Dilansir Reuters, studi yang belum ditinjau rekan sejawat itu dipublikasikan Minggu (5/9). Studi itu mengungkap jika aktivitas antibodi penetralisir terhadap Delta tidak terdeteksi dalam sampel yang diambil dari penerima vaksin enam bulan setelah dosis kedua vaksin CoronaVac Sinovac.

Tetapi ketika mendapatkan booster alias suntikan penguat, antibodinya menunjukkan peningkatan.  Para peneliti menemukan potensi peningkatan antibodi penetralan lebih dari 2,5 kali lipat melawan Delta sekitar empat minggu setelah dosis ketiga dibanding yang terlihat sekitar empat minggu setelah dosis kedua.

Studi laboratorium ini melibatkan sampel 66 peserta, termasuk 38 sukarelawan yang menerima dua atau tiga dosis vaksin. Meski menunjukkan adanya peningkatan, tetapi mereka tidak membahas secara spesifik bagaimana perubahan aktivitas antibodi akan memengaruhi kemanjuran Sinovac dalam mencegah orang sakit akibat varian tersebut.

Saat ini, beberapa negara yang sangat bergantung pada vaksin Sinovac telah mulai memberikan suntikan booster yang dikembangkan oleh produsen Barat kepada orang-orang yang divaksinasi penuh dengan Sinovac. Misalnya Indonesia yang sudah memberikan booster vaksin Moderna kepada petugas kesehatan sejak Juli lalu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berencana untuk mengirimkan sekitar 100 juta dosis suntikan COVID-19 Sinovac dan Sinopharm pada akhir bulan ini. Sebagian besar akan dikirim ke Afrika dan Asia, dalam pengiriman pertama vaksin Tiongkok.

Tetapi beberapa negara menolak menerima vaksin dengan alasan kurangnya data tentang efektivitasnya terhadap Delta. Sementara itu, perusahaan mengatakan sekitar 1,8 miliar dosis vaksin Sinovac telah dipasok secara global termasuk Tiongkok pada akhir Agustus. (*)

 

Artikel Terkait
Current Issues
Belum Semua, Ini Daftar Vaksin yang Sudah Bisa Mendapat Booster di Januari

Current Issues
Moderna Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 untuk Omicron Pada Orang Dewasa

Current Issues
Studi: Vaksin Covid-19 Moderna Melindungi dari Varian Delta