Tech

Tesla Bakal Rilis Mobil Listrik Rp 356 Juta Tanpa Setir Pada 2023

Jingga Irawan

Posted on September 6th 2021

Credit: Electrek

Tesla tampaknya punya strategi baru untuk memperluas penggunaan kendaraan listrik. Melansir Electrek pada Senin (6/9), Elon Musk memberi tahu karyawan Tesla bahwa perusahaan berencana merilis mobil listrik seharga USD 25 ribu (Rp 356 juta) pada 2023. Harga tersebut jauh lebih murah dibanding bandrol saat ini. Mobil juga kemungkinan besar tak dilengkapi dengan setir.

Pada Tesla Battery Day tahun lalu, CEO Tesla Elon Musk gembar gembor bahwa Tesla akan membuat mobil listrik seharga USD 25 ribu, tetapi saat itu belum ada detail kelanjutannya.

Elon menjelaskan bahwa penentuan harga baru ini dicapai berkat sel baterai baru Tesla dan upaya pembuatan baterai yang dapat mengurangi biaya hingga lebih dari 50 persen.

Mobil listrik Tesla senilai USD 25 ribu, yang sering disebut sebagai Tesla Model 2, diperkirakan berjenis hatchback. Mobil ini juga rencananya diproduksi di Gigafactory Shanghai di Tiongkok dan diekspor secara global.

Tahun lalu, Tesla mengumumkan rencana mendirikan pusat penelitian dan pengembangan baru di Tiongkok untuk membangun mobil listrik "gaya Tiongkok.” Tesla mulai menerima pengajuan desain untuk mobil listrik kecil buatan Tiongkok pada pertengahan tahun ini dan mulai merekrut ahli untuk program tersebut tak lama kemudian.

Pada saat itu, perusahaan juga merilis gambar desain awal hatchback listriknya. Kemudian banyak orang berpikir bahwa desain tersebut adalah bentuk yang akan digunakan Tesla dalam kendaraan listrik mendatang. Sementara itu, laporan media mengklaim produksi Model 2 juga akan dimulai dalam waktu dekat.

Baru-baru ini Elon Musk mengkonfirmasi waktu perilisan kendaraan murah tersebut dalam pertemuan dengan staf perusahaan. Sumber yang hadir dalam pertemuan mengatakan kepada Electrek bahwa Elon bertujuan untuk memulai produksi mobil listrik senilai USD 25 ribu itu pada 2023.

Dalam kesempatan itu Elon juga bertanya kepada karyawan Tesla, “Apakah kita ingin mobil ini datang dengan setir dan pedal?.”

Dengan pernyataan itu, banyak orang menyimpulkan bahwa kemungkinan kendaraan Tesla baru tak akan dilengkapi dengan setir. Mengingat pada 2019, Tesla juga meluncurkan gambar kendaraan tanpa setir serta pedal dan mengatakan tujuannya adalah untuk merilis kendaraan seperti itu dalam waktu dua tahun.

Tesla saat ini mencoba untuk merilis perangkat lunak Full Self-Driving Beta ke armadanya di AS pada akhir bulan. Tesla juga akan memperbaiki data dari armada dan membuatnya lebih aman daripada pengemudi manusia untuk mencapai persetujuan peraturan yang akan digunakan sebagai sistem self-driving sebenarnya. (*)

Related Articles
Tech
Pakar: Saingan Terbesar Tesla Bakal Datang dari Tiongkok

Tech
Penjualan EV Global: Tesla Masih Memimpin, Hyundai Merosot ke Posisi 6

Tech
"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik