Interest

Begini Cara Mudah Cek Pinjol Ilegal, Cukup Kirim Pesan Via WhatsApp

Dwiwa

Posted on September 5th 2021

Kemudahan pengajuan peminjaman di aplikasi pinjaman online (pinjol) telah membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Sayangnya, tidak semua aplikasi pinjol yang beredar di masyarakat sudah terawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau dengan kata lain ilegal.

Berbeda dari yang resmi, pinjol ilegal tentu memiliki beragam risiko yang dapat membuat penggunanya mengalami kerugian. Dalam beberapa waktu terakhir, ada banyak curhatan dari para konsumen tentang betapa mengerikannya pinjol ilegal ini.

Menurut cerita para korban, hutang mereka yang tadinya hanya ratusan ribu bisa berlipat ganda menjadi puluhan juta hanya dalam waktu singkat. Lebih seramnya lagi, cara mereka menagih cenderung kasar dan mengintimidasi.

Tidak jarang mereka berani mengusik privasi penggunanya sehingga sangat mengganggu. Orang-orang terdekat yang nomornya tersimpan dalam ponsel kita pun bisa turut diteror ketika mereka menagih hutang.

Salah satu cara untuk bisa terhindar dari pinjol ilegal ini adalah mengetahui seperti apa ciri-cirinya. Hal yang paling jelas adalah menawarkan pinjaman dengan bunga tinggi dengan jangka waktu yang tidak jelas.

Pinjol ilegal biasanya tidak menuliskan alamat perusahaan pada situs atau aplikasinya, termasuk juga tidak menyediakan kontak untuk pengaduan. Mereka juga sering mengajukan permintaan untuk dapat mengakses daftar kontak dan dokumen pribadi lain dari ponsel.

Kemudian saat melakukan penagihan pinjol ilegal ini cenderung menagih dengan cara yang kasar dan mengganggu nasabahnya. Jika sudah demikian, dapat dipastikan jika tempat kalian melakukan pinjaman online adalah ilegal.

Nah, jika kalian mencurigai sebuah aplikasi atau situs peminjaman online memiliki ciri-ciri tersebut, segera cek legalitasnya di OJK. Caranya pun kini sangat mudah, yakni cukup mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor kontak OJK.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyimpan nomor resmi OJK di 081-157-157-157. Setelah itu, kalian dapat langsung mengirimkan pesan kepada nomor tersebut untuk memastikan kelegalan pinjol yang kalian curigai.

Dalam ruang obrolan, kalian hanya perlu mengetikkan nama pinjol yang ingin diketahui, misalnya ayopinjam.com. Setelah mengirimkan nama tersebut, kalian perlu menunggu beberapa saat sebelum akhirnya bot dapat memberikan jawaban terkait legalitasnya di OJK.

Selain itu, jika kalian menemukan atau mendapatkan tawaran dari pinjol ilegal, bisa dilaporkan ke OJK. Laporan ini akan ditindaklanjuti Satgas Waspada Investasi seandainya terbukti memang tidak berizin. Caranya bisa lewat surel ke konsumen@ojk.go.id atau https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/Pengaduan. (*)

Related Articles

Interest
Pentingnya Literasi Digital Agar Terhindar dari Jebakan Pinjaman Online Ilegal

Interest
Gadai Data Demi Dana