Lifestyle

5 Langkah Berhenti Membenci Tubuh Sendiri dan Menerima Diri Apa Adanya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 5th 2021

(Ilustrasi: Freepik)

Kepercayaan diri terhadap tubuh sendiri jadi topik yang sering banget dibahas akhir-akhir ini. Mulai banyak sosok figur publik yang menggaungkan self-love, meski ada juga yang terjebak dalam beauty standard yang toxic.

Tentunya sulit untuk langsung menerima tubuh kita apa adanya di tengah tuntutan standar kecantikan yang gak logis. Kalau kamu susah menerima tubuhmu sendiri, itu bukan sepenuhnya salahmu kok. Ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk menghentikan kebencian tersebut, seperti yang dikemukakan oleh psikolog Barbara Greenberg dilansir dari Psychology Today.

Tantang pikiran kita

Apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi apa yang kita rasakan. Mungkin selama ini kita dikenalkan bahwa cantik itu mutlak harus bertubuh kurus, berkulit cerah, berambut lurus, dan lain-lain. Namun, semua tubuh itu unik dan punya kelebihan masing-masing.

Pikirkan bukan hanya tentang ukuran, tapi juga kekuatan yang dimiliki. Pikirkan apa yang bisa kita lakukan dan apa yang “tubuh ideal” nggak bisa lakukan. Semakin kita menemukan kelebihan diri, lebih mudah untuk kita mencintai tubuh sendiri.

Temukan masalah utama

Coba cari masalah utama yang sedang kamu hadapi saat ini. Kadang, sebenarnya masalah utamanya bukan pada tubuh kita, tapi kita menjadikan tubuh kita kambing hitam atas segala masalah karena kita nggak nyaman dengan tubuh sendiri.

Stop menduga-duga pikiran orang lain

Memang kadang kita suka memikirkan apa yang orang lain pikirkan sampai kita banyak pikiran. Kita takut orang lain memandang kita jelek, kurang begini, kurang begitu, dan lain-lain. Kita jadi self-concious banget dan akhirnya khawatir.

Namun, kebanyakan orang itu juga banyak pikiran—tentang mereka sendiri. Kalau nggak terlalu dekat, mereka gak akan fokus ke urusan sendiri daripada mengurusi orang lain. Namun, kalau kamu memang hidup di lingkungan yang suka mengurusi kehidupan orang lain… ada baiknya menerapkan Batasan dengan orang toxic tersebut.

Ucapan orang lain berasal dari masalah mereka sendiri

Kalau sosok yang mengomentari tubuhmu adalah keluarga dekat, kemungkinan mereka punya masalah dengan body image mereka sendiri. Karena gagal mencapai standar yang mereka buat, tak jarang mereka memproyeksikannya pada kita. Jadi deh kita diejek begini begitu—padahal sebenarnya itu rasa bersalah mereka dan nggak seharusnya ditularkan ke kita.

Cari bantuan

Kalau pikiran kebencia terhadap tubuh sudah makin menguat dan mempengaruhi kebiasaan makanmu, ada baiknya mulai mencari bantuan profesional. Sama sekali enggak ada salahnya untuk berkonsultasi ke psikolog untuk menemukan solusi buat keadaanmu.

Sederet artis seperti Demi Lovato, Jesy Nelson, hingga Selena Gomez juga pernah mengalami struggle tentang tubuh mereka dan memutuskan untuk menjalani terapi.

Nah, itu dia sederet langkah berhenti membenci tubuh sendiri. You’re worthy! (*)

 

Artikel Terkait
Lifestyle
6 Tips Simpel Lebih Percaya Diri dengan Tubuh Sendiri

Lifestyle
5 Tips Melawan Keraguan pada Diri Sendiri yang Bikin Kita Nggak Percaya Diri

Lifestyle
4 Langkah Menyadari Self-Worth, Jangan Tergantung dengan Validasi Orang Lain