Tech

Pengguna iPhone Kini Bisa Pindahkan Riwayat Obrolan WhatsApp ke Samsung

Dwiwa

Posted on September 4th 2021

Selama ini riwayat obrolan di iOS dan Android terpisah karena sistem cadangan WhatsApp di kedua sistem operasi ini berbeda. Hal ini membuat pemindahan lintas platform sulit untuk dilakukan. Kabar baiknya, WhatsApp kini telah membuatnya lebih mudah, setidaknya untuk perangkat Samsung.

Menurut laporan Ubergizmo, jika kalian tadinya pengguna iPhone dan beralih ke Samsung, kalian bisa memindahkan obrolan dengan mudah. Tetapi untuk bisa melakukannya, kalian memerlukan kabel untuk menghubungkan iphone dan ponsel Samsung. Jadi, kalian memerlukan kabel USB-C to Lightning atau adaptor yang setara.

Namun untuk saat ini, fitur masih merupakan kesepakatan satu arah. Itu artinya, kalian hanya bisa memindahkan data obrolan WhatsApp dari iPhone ke Samsung. Ini tidak akan bekerja sebaliknya dan juga tidak berlaku untuk jenis ponsel lain.

Untuk bisa melakukan pemindahan ini, ponsel Samsung setidaknya harus menggunakan WhatsApp versi 2.21.16.20 sedangkan WhatsApp di iPhone minimal versi 2.21.160.17. Selain itu, aplikasi SmartSwitch versi 3.7.22.1 atau yang lebih baru juga harus terpasang di ponsel Samsung dan perangkat harus menggunakan setelan pabrikan.

Untuk memindahkannya, kalian hanya perlu menyambungkan iPhone dengan ponsel Samsung menggunakan USB Type-C to Lightning. Selanjutnya, kalian hanya perlu mengikuti langkah yang ada di Samsung Smart Switch untuk melakukan pengaturan.

Ketika muncul notifikasi, kalian perlu mengarahkan kamera iPhone pada kode QR yang ada di layar Samsung. Ketuk Mulai dan biarkan sampai semua proses rampung. Setelah itu kalian tinggal masuk ke akun WhatsApp dengan nomor yang sama seperti di iPhone dan pilih import untuk bisa mngakses data yang tadi dipindahkan.

Meskipun saat ini baru bisa untuk iPhone ke ponsel Samsung, tetapi WhatsApp sedang berupaya agar midrasi riwayat obrolan dapat dilakukan di semua platform dengan menggunakan opsi cadangan cloud yang terenkripsi end-to-end. Jadi, hanya masalah waktu sebelum ini juga tersedia untuk perangkat lain.(*)

Related Articles
Tech
Siap-Siap, Samsung Bakal Perkenalkan Galaxy S21 Minggu Depan

Tech
Suka Lupa Cuci Tangan? Mungkin Fitur dari Samsung Galaxy Watch Ini Bisa Membantu

Tech
Awas, Jutaan Ponsel Bakal Kehilangan Akses WhatsApp Mulai 1 Januari