Entertainment

Drake Akhirnya Rilis Album ‘Certified Lover Boy’, Ini Sederet Fakta Menariknya!

Yang ditunggu-tunggu akhirnya rilis!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 4th 2021


(Foto: Republic Records)

Drake akhirnya meluncurkan albumnya yang telah dinanti-nantikan, Certified Lover Boy, pada Jumat (3/9) lalu. Nah, buat kalian yang sudah menunggu album satu ini rilis, simak beberapa fakta menarik tentang album ini!

Album pertama sejak 2018

Certified Lover Boy jadi album pertama sejak tiga tahun lalu Drake merilis Scorpion. Memang sih rapper satu ini sempat merilis EP yang berisi beberapa lagu, tapi tentunya album CLB jadi karya yang diharapkan banget.

Apalagi album ini sempat tertunda berkali-kali dan tanggal peluncurannya simpang siur. Awalnya disebut akan rilis pada musim panas 2020, lalu ditunda ke Januari 2021. Eh, pas Januari ditunda lagi karena Drizzy masih pemulihan akibat cedera kaki. Tersiar kabar CLB akan rilis April, tapi nggak terjadi. Akhirnya rilis juga di bulan September.

Tambahkan The Beatles, R. Kelly, dan Right Said Fred dalam kredit

Rapper kelahiran 34 tahun lalu itu melakukan beberapa sampling dalam lagunya. Misalnya di lagu pertama Champagne Poetry, Drizzy mengambil sampel dari lagu Michelle karya The Beatles. Ia juga melakukan sampel dari lagu Half on a Baby karya R. Kelly dalam lagu TSU. Di lagu Way 2 Sexy, rapper ini mengambil sampel dari lagu I’m Too Sexy karya band Right Said Fred. Agak lawas nih ya referensinya.

Baru kasih daftar lagu dua jam sebelum album rilis

Kalau biasanya para artis memberikan sneak peek buat para penggemarnya dengan memberikan tracklist beberapa hari atau minggu sebelum merilis album… Drake nggak melakukan itu. Daftar lagu CLB baru dirilis dua jam sebelum albumnya dirilis. Bahkan artis yang diajak kolaborasi sama sekali enggak diberitahu.

Nah, setelah album rilis, baru deh tahu siapa aja yang diajak kerja sama. Dari 21 lagu, Drake mengajak 15 artis seperti Jay Z, Young Thug, Future, Kid Cudi, Lil Baby, dan banyak lagi.

Pecahkan rekor Apple Music dan Spotify

Drake berhasil memecahkan rekor sebagai artis yang paling banyak didengar dalam sehari di platform Apple Music. CLB juga berhasil jadi album yang paling banyak didengar dalam periode 24 jam, merebut posisi Kanye West yang mendapat rekor tersebut beberapa hari sebelumnya dengan album Donda.

Gak cuma di satu platform, Drizzy juga memecahkan rekor di Spotify dengan menjadi album yang paling banyak didengar selama sehari, mengalahkan albumnya sebelumnya, Scorpion. Keren gak tuh.

Nah, itu dia sederet fakta menarik perihal Certified Lover Boy. Kamu sudah dengar album baru dari Drake ini belum? Yuk, stream! (*)

Related Articles
Entertainment
Drake Tertangkap Lagi Bikin Video Musik, Album ‘CLB’ Bakal Rilis Sebentar Lagi?

Entertainment
Drake Ungkap Album ‘Certified Lover Boy’ Masuk Tahap Mixing, Sedikit Lagi!

Entertainment
Drake Bagikan Cover Alternatif ‘Certified Lover Boy’, Mana yang Jadi Favoritmu?