Entertainment

Kapan Timeline ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’ dalam MCU?

Jingga Irawan

Posted on September 4th 2021

Credit: Marvel

Promosi Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings yang terbatas membuat penggemar tak tahu banyak tentang banyak aspek dari ceritanya. Tapi salah satu pertanyaan terbesar adalah kapan film tersebut berlangsung di timeline Marvel Cinematic Universe.

Phase 4 MCU telah memiliki rangkaian periode waktu yang bervariasi. Yakni, Guardians of the Galaxy Vol. 2 terjadi pada 2014. Lalu, Captain Marvel berlangsung pada 1995. Dan, Avengers: Endgame melompat tiga tahun ke depan, di tahun 2023. Sementara Spider-Man: Far From Home melanjutkan garis waktu ke 2024.

Posisi saat ini menempatkan MCU sedikit di masa depan. WandaVision berlangsung hanya beberapa minggu setelah tragedi Thanos, dan The Falcon dan The Winter Soldier terjadi enam bulan setelah Sam Wilson dan Bucky Barnes mengucapkan selamat tinggal kepada Steve Rogers.

Garis waktu MCU tampaknya sedikit berantakan, dengan Black Widow terjadi sebelum Avengers: Infinity War, Eternals berlangsung selama 7.000 tahun, dan Loki berlangsung di garis waktu alternatif. Terus gimana dengan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings?

Kisah Shang-Chi dimulai ratusan tahun yang lalu dengan asal-usul Wenwu. Tetapi sebagian besar film terjadi setelah Avengers: Endgame, namun tahun spesifiknya tak disebutkan. Anggap saja terjadi antara tahun 2023 atau 2024, mirip dengan Far From Home.

Namun, ada beberapa kebingungan karena peristiwa film tersebut. Wenwu bertemu Li pada 1996, dan mereka menikah tak lama kemudian, dengan Li melahirkan Shang-Chi pada akhir tahun 1996 paling cepat.

Berdasarkan garis waktu itu, Shang-Chi meninggalkan ayahnya dan Ten Rings pada 2010, bertemu Katy pada tahun yang sama, dan peristiwa film itu terjadi pada 2020, 10 tahun kemudian. Namun, itu tak sesuai dengan garis waktu pasca-Endgame, yang berarti Shang-Chi harus lahir sekitar tahun 2000 agar semuanya pas.

Namun, menurut sutradara Shang-Chi Destin Daniel Cretton, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings benar-benar diatur setelah peristiwa Avengers: Endgame dan akan memajukan timeline MCU

"Shang-Chi berlatar masa kini di linimasa MCU," kata Cretton kepada Fandango. Ketika ditanya apakah film tersebut pasti berlatar belakang "hari ini" pasca-Snap dari MCU, ia memberikan konfirmasi lebih lanjut “Ya, ya.”

Dengan demikian, maka setting latar Shang-Chi dibuat sekitar 2023 atau 2024. Sebab, paling pas dengan bagaimana garis waktu Phase 4 sebagian besar dimainkan. Hal ini juga memungkinkan Marvel Studios untuk memperkenalkan pahlawan MCU baru di masa depan.(*)

Related Articles
Entertainment
Film Marvel ‘Shang-Chi’ Mulai Proses Syuting Dalam Waktu Dekat

Entertainment
Simu Liu Sempat Ragu Marvel Tak Selesaikan ‘Shang-Chi’ Tepat Waktu

Entertainment
Lil Nas X Disebut Selamat dari Thanos Snap Berkat Adegan Film “Shang-Chi” Ini