Entertainment

Sorry, 'Shang-Chi and and the Legend of the Ten Rings' Hanya Tayang di Bioskop

Jingga Irawan

Posted on September 4th 2021

Credit: Marvel

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings tayang di bioskop mulai Jum’at (3/9). Tapi nasibnya berbeda dari film Marvel lain yang dirilis di Disney+ selama Pandemi Covid-19, Shang-Chi tak dapat perilisan hybrid —bersamaan di bioskop dan layanan streaming— seperti Black Widow. So, film yang dibintangi Simu Liu tersebut tak debut streaming di Disney+.

Sehingga, Shang-Chi bakal menjadi film Marvel pertama yang hanya dirilis di bioskop sejak Spider-Man: Far from Home dari Sony dirilis pada Juli 2019.

Selama pandemi Disney memang merilis semua film barunya di Disney+ dalam beberapa cara. Sejumlah film baru tersedia untuk streaming di Disney+ tanpa biaya tambahan. Tapi film blockbuster milik Marvel seperti Black Widow debut untuk streaming dengan biaya tambahan sebesar USD 30 melalui Premier Access.

Kapan Shang-Chi rilis di Disney+?

Melansir CNET pada Sabtu (4/9), Shang-Chi diperkirakan akan tayang di Disney+ pada pertengahan Oktober. Kemungkinan tanpa biaya tambahan untuk pelanggan. Namun, perusahaan belum memberikan konfirmasi lengkap tentang bagaimana tepatnya Shang-Chi akan dirilis di Disney+.

Shang-Chi akan tampil di bioskop secara eksklusif setidaknya selama 45 hari. Jika Disney tetap berpegang pada aturan teater 45 hari dengan tepat, maka Shang-Chi bakal tayang di Disney+ pada Senin, 18 Oktober. Jauh lebih cepat dari film teater Disney yang tayang di layanan streaming sebelum pandemi, biasanya membutuhkan waktu lima hingga delapan bulan untuk mulai streaming.

Dan Shang-Chi diharapkan untuk streaming di Disney+ tanpa biaya tambahan, terutama karena Disney+ tak pernah membebankan biaya layanan apa pun kecuali untuk film baru. Setiap rilis Premier Access senilai USD 30 hanya diberlakukan untuk film yang rilis di bioskop dan di Disney+ pada hari yang sama.

Sebelumnya, petinggi Disney menunjukkan rencana rilis ini untuk Shang-Chi pada pertengahan Agustus. Pada saat itu, Disney menekankan komitmen perusahaan untuk pertunjukan teater eksklusif Shang-Chi, tetapi tak menjelaskan kelanjutan setelah masa rilis teater habis.  Namun Disney mengisyaratkan Shang-Chi akan mendarat di Disney+ setelah masa teater 45 hari.(*)

Related Articles
Entertainment
Gara-gara Komentar Kontroversial, ‘Shang-Chi’ Kemungkinan Tak Rilis di Tiongkok

Entertainment
Rilis ‘Shang-Chi’ di Tiongkok Belum Jelas, Simu Liu Tenangkan Fans yang Galau

Entertainment
Kapan Timeline ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’ dalam MCU?