Entertainment

Eben Burgerkill, Gitaris Perfeksionis itu Telah Tiada

Dika Afandi N

Posted on September 4th 2021

Kancah musik Indonesia kembali berduka. Khususnya para penggemar metal tanah air. Salah satu gitaris andalan band metal asal Ujung Berung, Bandung, Burgerkill, yaitu Aris Tanto atau kerap disapa “Eben” telah tutup usia, Jumat (3/9) sore.

Dilansir dari Twitter Padi Reborn, Eben bersama bandnya, Burgerkill sempat manggung bersama Padi Reborn di salah satu acara off air. Setelah beres membawakan lagu bertajuk “Penjara Batin”, Eben pingsan tak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit. Namun takdir berkata lain, Eben dinyatakan tiada saat dalam perjalanan.

Kabar ini menjadi pukulan untuk dunia musik underground tanah air. Sebab, Eben sendiri merupakan salah satu musisi berjasa yang bisa mengibarkan bendera merah putih di pentas Eropa. Ia bersama Burgerkill pernah bermain di festival-festival musik besar benua biru. Seperti Wacken Open Air (Jerman) dan Bloodstock Open Air (Inggris).

Selain itu, ia bersama Burgekill pernah meraih penghargaan “Metal as F*ck” dari majalah musik metal yakni Metal Hammer. Eben Burgerkill di mata temannya merupakan figur yang friendly.

Vokalis Forgotten, Addy Gembel menuturkan bahwa Eben merupakan sosok yang ambisius dan perfeksionis. Ia rela melakukan apa saja demi mencapai mimpinya bersama Burgerkill. Ia juga teman yang baik.

"Totalitas dan kerja keras, ia memang hidup untuk bandnya dan musik. Ia hidup untuk sesuatu yang disukai. Bisa dikatakan Eben merupakan roh musik metal di Bandung dan Indonesia. Ia begitu berpengaruh besar terlebih lagi jasanya untuk perkembangan musik metal di Indonesia," ujarnya.

Drummer Seringai, Edy Khemod juga menyampaikan rasa dukanya atas kepergian Eben Burgerkill. Ia yang pernah satu band dengan Eben, yaitu Aparatmati merasa tak menyangka bahwa pria berusia 44 tahun tersebut harus tutup usia lebih cepat.

“Banyak kabar buruk akhir2 ini. Tapi ini mungkin salah satu yang terburuk. Banyak yang pulang. Tapi tidak menyangka elu salah satunya yang pulang juga. Padahal masih banyak rencana elu yang baru dua hari yang lalu ceritakan pas terakhir kita ketemu. Terlalu cepat brad… Innalilahi wainailaihi rojiun, sok atuh istirahat sing tenang. Karya maneh abadi lur,” tulis pria yang kerap disapa “Khemod” di unggahan Instagram-nya.

Beberapa hari sebelumnya, Eben terlihat turut serta sebagai performer dalam perhelatan konser “48 Tahun God Bless”, Selasa (31/8) di ICE, Tangerang, Banten. Saat itu Eben tampil bersama Agung yang juga gitaris dari Burgerkill serta beberapa musisi lainnya. Selamat jalan Eben, karyamu selalu abadi. (*)

Related Articles
Entertainment
Festival Brotherground jadi Ajang Reunian Penggemar Musik Cadas Surabaya

Entertainment
Momen Haru Para Metal Head! Slayer Umumkan Pensiun dari Dunia Musik

Lifestyle
Vans Japan x TOGA, Sneaker Bertabur Aksesoris Metal